Record : 16 Tower dalam 1 desa (12 TV dan 4 BTS)


Jika anda warga Jogja, saat anda berhenti di Bangjo (Traffic Light) di ujung Jalan Menteri Supeno yang paling Timur (sebelum ke Bekas Terminal Umbulharjo) cobalah barang sebentar perhatikan nun jauh di arah Timur sana, ke arah GunungKidul, pasti terlihat sebuah Gunung yang berdiri megah, dan perhatikan dengan seksama di depan gunung itu berjejer-jejer menara-menara pemancar TV dan BTS Telepon Seluler yang tingginya bervariasi dari 70 sampai 120 meteran. Kalau cuaca cerah menara-menara (tower) tersebut dapat dengan jelas terlihat karena warnanya yang khas selang-seling merah dan putih. Gunung itu namanya Gunung Langgeran.

8 pucuk tower di Ngoro-Oro

8 pucuk tower di Ngoro-Oro

Saya ambil foto ini dari atas gedung tvOne ke arah timur, sebenarnya ada 9 Tower TV dan 1 BTS esia. Urut kiri ke kanan adalah BTS esia, MNC (satu tower untuk 4 TV : RCTI, TPI, GLOBALTV, MYTV), antv, TRANS7 (kurang kelihatan, ada diantara daun kelapa yang sebelah kiri), INDOSIAR, TATV, SCTV, METROTV, dan paling besar (karena paling dekat dengan tvOne) adalah JogjaTV. Tower bekas TUGUTV yang sudah tidak onair tidak kelihatan, karena towernya hanya kecil seperti tower radio FM/Tower Internet.

sebelah barat tvOne

sebelah barat tvOne

Ini sebelah baratnya tvOne, yang sebelah kiri adalah BTS XL, yang ditengah adalah BTS Telkomsel, sedang yang kelihatan besinya besar-besar tentu saja Tower tvOne. TransTV agak kebarat lagi, enggak kelihatan. Begitu pula BTS FREN sebenarnya hanya utaranya BTS Telkomsel, tetapi terhalang pepohonan. Tinggal nunggu BTS Indosat saja nich yang belum hadir, kemungkinan kalau Indosat nongol, yach disekitar BTS XL dan Telkomsel. Ayo Indosat jangan kecewakan pelangganmu di sekitar sini.

Desa Ngoro-Oro, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul begitulah nama desa tempat tower semua TV ini berdiri, sedemikian strategis letak geografis desa ini, karena cukup dengan menancapkan satu Tower TV, sudah mampu untuk meng-cover area Jogja-Solo-Boyolali-Karanganyar, sebagian kecil Purworejo dan Magelang. Sebagai gambaran, dahulu sebelum pindah ke Desa Ngoro-Oro, Pemancar Relay RCTI, MetroTV, SCTV dan Global TV berdiri di daerah Dlingo, Kabupaten Bantul, sehingga hanya mampu meng-cover Jogja, Magelang dan Purworejo. Daerah Solo, Boyolali, Karanganyar ada Tower sendiri di daerah Solo. INDOSIAR adalah TV Jakarta pertama yang menemukan dan mendirikan Pemancar TV di desa ini, baru diikuti oleh TV-TV yang lain.

Sebenarnya mudah saja jika ingin berkunjung ke Desa Ngoro-Oro, tinggal ikuti jalan Jogja-Wonosari, sampai Piyungan, lalu jalanan mulai naik dan berkelok kelok, sampailah ke Kecamatan Patuk, untuk memudahkan sebagai tanda, asal anda sudah ketemu Radio GCD, maka terus saja sekitar 20 meter, maka akan sampai ke sebuah simpang 4, di kanan jalan ada pos Polisi Lalu Lintas, jika anda belok ke kanan (arah selatan) maka akan menuju ke Dlingo, jika anda lurus (ake arah Timur) maka akan sampai Wonosari. Tentunya anda harus belok kiri (arah utara) maka akan sampai ke Desa Ngoro-Oro. Ikuti saja terus jalan aspal Hotmix sejauh 5 kilometer, jika anda sudah melihat jaringan Listrik SUTET Jawa-Bali, berarti anda sudah sampai Desa Ngoro-Oro, maka secara urut jika mengikuti jalan ini akan dijumpai sbb:

1. Tower TransTV (kanan jalan)
2. BTS mobile-8 FREN dan INDOSAT menjadi satu tower (kiri jalan)
3. BTS Telkomsel (kanan jalan)
4. BTS XL (kanan jalan)
5. Tower Lativi (kanan jalan)
6. Tower Jogja TV (kanan jalan)
7. BTS ESIA (kiri jalan)
8. Tower Indosiar (kanan Jalan)
9. Tower SCTV (kanan jalan)
10. Tower TATV (kanan jalan)
11. Tower Metro TV (kanan jalan)
12. Tower MNC (RCTI, TPI, Global TV) satu tower untuk 3 TV (kiri jalan)
13. Tower ANTV (kiri jalan)
14. Tower Trans7 (kanan jalan)
15. Tower TVRI (dekat jogjaTV)
16. Tower ADiTV  di belakang balai desa Ngoro-Oro

Posisi pemancar TV dan BTS di Desa NGORO-ORO, PATUK, GUNUNGKIDUL.

Posisi pemancar TV dan BTS di Desa NGORO-ORO, PATUK, GUNUNGKIDUL.

Begitulah seperti terlihat dari data diatas, di Desa Ngoro-Oro ada 14 menara (TV dan Selular), sebenarnya ada satu lagi punya NUSATV yang kemarin sempat siaran tapi dihentikan karena ijin frekuensinya belum ada. Tetapi tower NUSATV ini seperti tower radio yang bentukanya kecil, tidak selayaknya tower TV pada umumnya.

Kumpulan transmisi TV difoto dari tower TVRI (foto by Mr. T. Udiyono)

Kumpulan transmisi TV difoto dari tower TVRI (foto by Mr. T. Udiyono)

Foto diambil dari arah paling timur

Foto diambil dari arah paling timur

Ada kemungkinan besok masih bertambah lagi jumlah tower di Desa Ngoro-Oro, karena yang belum ada towernya adalah sebagai berikut.
1. Indosat (ini yang kutunggu-tunggu, karena Matrix ku payah sinyalnya di sini)
2. Sampoerna Telekom (CERIA)
3. Smart Telecom (Smart)
4. 3 (mau?)
5. NTS
6. TV Lokal (di jogja masih sisa satu kanal TV, walaupun sebenarnya untuk cadangan digital).

berjajar

berjajar

Jika anda investor, atau lembaga yang ingin mendirikan tower di desa Ngoro-Oro, sekedar info saja harga tanah disini terakhir saya mengetahuinya adalah kisaran Rp. 600.000 / meter, jadi tinggal kalikan saja dengan luas kebutuhan yang anda inginkan.

Apakah ada yang bisa menyaingi Desa Ngoro-Oro dalam jumlah towernya (baik TV dan Selular), bolehlah kalau mau dicatat di MURI. Jadi sungguh layak jika Desa Ngoro-Oro ini disebut dengan DESA PEMANCAR.

Iklan

17 Tanggapan

  1. Kalau di desaku hanya ada satu BTS (indosat), itupun baru saja berdiri. Satu desa 14 Tower, walah banyak banget. Itu tadi tower SUTET belum ikut dihitung ya?

    Suka

  2. mas hadiyanta, boleh tanya? di mana dapat saya temukan catatan publik tentang banyaknya atau tingkat kepemilikan pesawat televisi di desa-desa? buku BPS yang mana kali ya? seberapa sesungguhnya tingkat penetrasi dari sisi “kesiapan” atau “kerentanan” dari masyarakat desa sendiri terhadap siaran tv? bukankah anak-anak dan banyak ibu-ibu gampang kecanduan siaran tertentu yang direkayasa untuk “mengikat” seperti sinetron? tks, salam saya

    Suka

  3. mas Pras, tingkat kepemilikan tv di desa, tentu bisa dilihat di catatan statistik di balai desa. Saya yakin jumlah tv hampir sebanding dg jumlah KK.
    Skrg ini sy yakin tiap KK punya 1 tv. Dan sy jg yakin justru masyarakat desa yg tdk siap jk hrs kehilangan siaran tv (swasta nasional/Jakarta), krn tv mrpkn hiburan murah yg bs mereka hadirkan di rmh, dpt dinikmati semua anggota keluarga.
    Demikian smg bs membantu.

    Suka

  4. wah itu namanya jadi desa tower dong…

    salam kenal dari http://simpanglima.wordpress.com/

    Suka

  5. ass wr wb

    salam kenal. Saya dwi handoyo, lahir di dusun Soka, desa ngoro-oro, patuk gunung kidul.
    Memang sudah lebih dari 15 tahun saya merantau di seputar Jabodetabek, hingga saat ini.

    Saya sebagai warga kelahiran desa ngoro oro cukup surprise dengan keberadaan hampir seluruh tower di kampung kelahiran saya, semoga memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat.

    Rumah ortu di depan SD Soka, yang beberapa waktu yang lalu juga roboh karena musibah gempa.

    Anyway, jika ada perlu informasi tentang Ngoro-oro dan yang lainnya, bisa e-mail ke saya

    Ir. dwi handoyo, MK3
    Serpong
    dwihandaya@gmail.com

    Suka

  6. punya aturan hukum soal bts gak?

    Suka

  7. salam kenal, saya bukan warga ngoro-oro, tapi sudah 2 tahun di sdn ngoro-oro, sebelumnya di tepus 17 tahun. Bravo ngoro-oro ! Alamatku Rt. 05 Godegan, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Tepatnya timur UMY. Kontak aku ya. Trims

    Suka

  8. cara bedain bts itu gimana mas??bts smart cirinya gimana?

    Suka

  9. Hello!
    my name is Tom and im completely new to this forum.

    I hope that I’ll learn and share a lot of interesting things.

    So how is everyone doing?? 🙂

    Suka

  10. kenapa ga niru di bali..1 tower dijadikan BTS bersama oleh para provider komunikasi….

    Suka

  11. assalamu’alaikum..
    mau nanya ni gan, ada yang tau gak ya??
    Koordinat menara-menara telekomunikasi yang ada di Kabupaten Bantul.
    Menara tv, radio, seluler, dsb..tolong saya gan..

    Suka

  12. […] Patuk, Gunungkidul. Persis di selatan tower TransTV. Tower TransTV ini letaknya paling barat dari deretan tower TV di komplek pemancar TV desa Ngoro-Oro. 8 pucuk tower di […]

    Suka

  13. saingannya gombel-smg, plaosan-mgt, oro-oro ombo-mlg, lembang-bdg. Kalo Jakarta berjejer dari kebonjeruk jakbar-joglo jakbar-Cipondoh Tangerang

    Suka

  14. Boleh tuh, Unik ya. Harusnya dicatat juga tingkat radiasi disekitar kompleks tower tersebut.

    Review TV LED Murah di: https://www.tevepedia.com/category/harga-tv/dibawah-1-jutaan/

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: