Tempat kursus elektronika terbaik di Jogja


Lucu juga jika mengingat sejak SMP kelas 2 aku telah akrab dengan ELEKTRONIKA, karena waktu itu ada pilihan ketrampilan Elektronika, Pertanian dan PKK. Dan tentu saja aku pilih ELEKTRONIKA. Biasalah orang yang baru ngerti dikit-dikit pasti malah sombong dan pamernya minta ampun, bangga banget waktu itu bawa-bawa solder di sekolahan, seperti sudah ahli elektronika saja. Pastinya selalu ngolok-olok teman yang ikut ketrampilan Pertanian yang isinya ya tentang tata cara dan praktek bertani di sawah.

Waktu itu bisa bikin rangkaian bel suara burung dan lampu flip-flop saja sudah seneng banget. Terus juga bikin amplifier, yang lagi booming waktu itu amplifier BIG POWER, beli PCB dan komponennya lengkap, lalu tinggal menyolder komponennya ke PCB, jadi deh.

Ternyata saat kuliahpun aku pinginnya ke jurusan Teknik Elektro, karena UGM gak mau nerima aku, maka aku masuk saja ke UCLA (Universitas Cerak lapangan Asri) di Wirobrajan Jogja, tetapi sekarang sudah pindah kampus terpadu di Ring Road Barat. Ambil jurusan Teknik Telekomunikasi. Sebagai lulusan Teknik Elektro Jurusan Telekomunikasi, ya pinginnya kerja di selular, tapi lagi-lagi seperti Indosat, Telkomsel dan XL gak mau nerima aku. Yo wis akhirnya aku kerja di TV sebagai penunggu Pemancar TV.

Timbul masalah di pekerjaanku ini, karena pemancar tv itu intinya memelihara peralatan pemancar TV agar TV bisa ONAIR terus, salah satunya pada modul-modul HPA (High Power Amplifier), HPA ini keluarannya bisa sampai 1Kw per modul HPA, dan yang paling rentan rusak adalah pada bagian POWER SUPPLY nya. Masya Allah, powersupply nya rumit banget (waktu itu walaupun ngerti elektronika, tapi kurang mendalami) sehingga agak kaget juga.

Sadar masih kurang ngerti elektronika, akhirnya secara tidak sengaja, pada suatu hari sabtu jam 4 sampai jam 5 sore aku mendengarkan Radio RB FM yang acaranya adalah tanya jawab seputar elektonika (kecuali HP), dan nara sumbernya sungguh sangat membuatku kagum. Kebetulan beliau iklan ada kursus elektronika di tempat beliau membuka bengkel.

Singkat kata aku ikutan kursus elektronika, dari dasar malah. Sekarang ini aku sudah pada level Dasar 2, yaitu mempelajari SMPS (swicthing mode power supply), power supply model swicthing inilah yang dipakai pada hampir 75% peralatan elektronika sekarang ini, termasuk pada HPA di pemancar TV tempat aku kerja. Jadi sekarang sedikit banyak sudah paham sistem kerja SMPS dan bisa secara logika mengalisa kerusakan dan memperbaikinya.

Jadi bagi anda warga ajogja dan sekitarnya yang ingin jadi tukang servis elektronika profesional, rasanya wajib ikut kursus ini. Mau tahu alamatnya, sbb:

GELORA ELEKTRONIK SERVICE
Bapak Christianto (Pak Kris)
Jalan Bayangkara 69, Ngupasan, Yogyakarta.
(Depan persis pintu gerbang pasar Patuk).

Kursusnya ada 12 level, satu level rata-rata 10 kali pertemuan, dalam setahun cuma ada satu angkatan kursus. jadi kalau mau ikut kursus ya tunggu setahun lagi, biasanya dibuka pada bulan januari tiap awal tahun.

Iklan

84 Tanggapan

  1. Waduh berarti 12 level, 120 kali pertemuan ya mas alias 6 bulan. Welehhh lama ya.

    Saya sendiri pingin belajar dari dasar…

    Suka

  2. Langsung menluncur ke pak Chris saja mas, memang lama, tapi dijamin ilmunya berbobot.

    Suka

    • mas p.criss itu yang punya bengkel gelora ya???

      mas ngomong2 khursus di situ beaanya mahal gak ya???

      jika tidak keberatan sms di no ini ya mas<08985134091
      trimakasih

      Suka

      • Iya yang punya Gelora. Biayanya menurutku sebanding dengan ilmunya, mahal atau tidak itu tergantung kita butuh atau tidak. Tapi menurutku masih terjangkau kok.

        Suka

    • untukmasa kdanya stlah blajar elektronika apa sich?

      Suka

  3. saya pengen banget kursus HP, tapi saya ngak bisa lama mengikutinya, kira-kira 2 bulan kursus bisa ngak ya mas??

    Suka

  4. @ ADRI
    kalau kursus HP kayaknya mending di jakarta, kayaknya dulu saya pernah baca di tabloid pulsa ada iklannya. kalau di jogja sepertinya di primacell atau mana itu, memang kisaran 2 bulan, tapi yang komplit hardware software sepertinya biayanya kisaran 2 juta keatas, itu dapat alat-alat dan langsung praktek.

    Suka

    • klau hrus ke jakarta ya jauh lah mas,sy hanya mngisi waktu luang aja.sy kan kmrn telt dftr kulnya jd sy mau kursus dulu!lg pla sya bru mas ngnjak di jogja

      Suka

  5. Wah iyo mas,,jamanku isih neng jogja yo sering dengerin radio itu,,manfaate uakeh..
    jamanku smp wes dolanan rf mas..terutama neng pemancar fm..senenge puol..

    monggoh lanjut..

    Suka

  6. @ Ismail
    Jaman aku SMP ming gek dolanan lampu flip-flop, ha ha ha

    Suka

  7. tapi yo tau mas jamane smp neng sekolahan gawe sirini mobil..sak kelas ga muni kabeh hahahaa tapi grupku tok sing muni..jan senenge pol (tapi munine mung sakdulit hahaha..)

    Suka

  8. @ toil. Aku dulu pake transistor 2SB opo yo serine lali, jaman SMP regane Rp.500,- tapi bensin dulu seliter kayaknya juga dibawah Rp. 500,-

    Suka

  9. @ Toil, aneh tenan sirinene, bunyinya berarti sakdulit-sakdulit-sakdulit

    Suka

  10. Wah, boleh jg tmpt kursusnya ..tp di jakarta buka cabang ga ya??.. Minta no teleponnya Bapak Christianto (Pak Kris) dong..
    Terimakasih atas informasinya

    Suka

  11. saya cari t4 kursus teknisi ps juga hp. kiraxx ada hubungan nya g, klu cari kerusakan antara ps ma hp? thanks

    Suka

    • PS maksudnya Power Supply atau Play Station?

      HP itu terdiri hardware dan software, kalau HP sepertinya lebih baik kursus di khusus teknisi HP.

      Suka

  12. Assalamu’alaikum…
    Brp biaya kursusnya? perbulan atau per level?
    dan kalo ambil 6 bln, biaya lbh murah ya?

    sekalian minta no. hp pak Kris

    Trims
    08195155783

    Suka

  13. mau naya nih gimana sih caranya reparasi dvd yang audionya hilang pas film dimainkan tapi pas mp3nya audionya ada baless dongs !!!!!!!!!!!!!

    Suka

  14. Klo ad yg tau alamat kursus teknisi hp d jogja n ketrangan selengkapnya tlong krim k my email ya.. wisimoeba@mig33.com

    Suka

  15. GELORA ELEKTRONIK SERVICE
    Bapak Christianto (Pak Kris)
    Jalan Bayangkara 69, Ngupasan, Yogyakarta.
    (Depan persis pintu gerbang pasar Patuk).

    Dari perempatan Depan Kantor Pos (beteng vredeburg), ke barat kira2 300meter, nanti ketemu trafic light pertama (depan RS PKU), nan itu nanti belok kanan, ikuti jalan sampai pasar Patuk.

    Suka

  16. wah, selamat dengan ilmu elektronikanya.
    saya juga suka electronik, terutama tentang teknik RF.sekarang malah bisa kerja UN agencies.(united Nations) padahal cuma tamat SMA…hehehhe saya pingin kursus di bidang serat optik dan microwave, dimana tempatnya ya mas?
    Thanks

    Suka

  17. mw tanya nih??
    biayanya brp per bulan??

    Suka

  18. Info terbaru gelora Elektronik.Dibuka kursus prifat via internet .untuk specialis tv modern ,dvd,alat musik dll Rp 1.220.000 utk 12 X 2 jam internet.Dapat diperpanjang per modul.Materi dikirim via pos.kirim ke BCA Sudirman ac 1371458297.

    Suka

  19. Acaranya p chris di Hoby elektronika RB fm setiap sabtu jam 16.00 ##call 0274 550055./ 0816680144 phone live##.Konsultasi gratis via 08886900007#0818026010000# Konsultasi tugas achir/proyek 0274 6683866#08882745363.itu yg aku tau.Mas kapan aku mampir ke bts mu ya .tolong no hp mu berapa ???trims

    Suka

    • Terimakasih Pak Chris. Buat teman-teman diatas yang bertanya nomer HP dan telepon pak Chris/Gelora Elektronik, ini beliau sudah memberitahukan semua nomernya. Silahkan kontak langsung.

      Nomer HP saya masih seperti yang dulu pak, pasti ada databasenya di Gelora. Ada Facebook pak?

      Suka

      • ada fb dan fr cuma blokger blm diisi.disana pakai nama kecilku>eko nugroho putranto.mampir aja pasti sip.ada foto.

        Suka

  20. mas, kalo ganti IC sama kapasitor bisa gak??
    soalnya saya udah ke beberapa tempat servis elektronik katanya gak bisa, harus ada blower gitu n adanya di servis hp, tapi tempat servis hp nya pun juga gak bisa… gimana nih??
    thx

    Suka

  21. Mas, kalau boleh tahu, 12 tingkat itu apa saja? Mohon dapat dijelaskan tingkat satu apa, tingkat 2 apa, tingkat 3 apa? Dan kalau kursusnya sabtu-minggu bisa ndak ya? Soalnya aku dari semarang.

    Suka

    • silahkan telpon pak Chris langsung saja

      Suka

    • 1.Pengukuran dan pembacaan kode komponen elc.
      2.Catu daya convensional sampai smps semua pesawat .
      3.Teknik penguat frekwensi rendah(AF).
      4.Teknik penguat frekwensi tinggi.(RF/HF).
      5.Teknik digital.
      6.Teknik TV CRT modern.
      7.Teknik Monitor crt &LCD komputer.
      8.Teknik Komputer dan asesorisnya.
      9.Teknik Video game 8 bit sampai 64 bit.
      10.Teknik Keyboard dan elektone /alat musik.
      11.Teknik Alat kontrol produksi.
      12.Teknik Alat ukur elektronik. etc bisa bertambah lagi

      Suka

      • pak kris…biaya smua level tu dah termasuk dana yang disebutkan diatas itu semua?
        minta tolong rincian smuanya..
        tolong dikirim k email saya y pak…
        tima kasih,

        Suka

  22. jenis kursus.:
    1,reguler 10 orang minimal,waktu ditentukan oleh kelompok.
    2.Prifat/semi prifat 1-3 orang.waktu ditentukan bersama guru.
    3.untuk prifat dapat memilih langsung tanpa mengikuti jenjang tingkatan dan materi bisa sesuai permintaan peserta.
    Biaya perjam 100ribu.dibagi jumlah peserta.

    Suka

  23. Telah dibuka Paguyuban hoby elektronika gelora disingkat P Helo Gelora .kumpul setiap bulan sekali pada minggu kedua.alamat jl Imogiri barat 175 km 8,5 sudimoro sewon Bantul.Gratis berbagi semua ilmu elektronika,komputer,listrik dll.Start 10 Januari 2010 jam 10.00 wib.Bisa diikuti via bloger 1.Gelora elektronik. 2. P helo gelora .3.FB nehemia christianto 4.twitter RB Chris.5.Citra net (yogja streaming) setiap siaran di RB FM 99,4 setiap sabtu jam 16.00.PENDAFTARAN DAPAT DILAKUKAN VIA 08886900007 ATAU BLOK/WEB YG BERSANGKUTAN.Jumlah anggota sementara sampai hari ini 63 orang.

    Suka

    • Terimakasih infonya pak, semoga makin maju, berkembang dan bermanfaat.

      Suka

    • saya daftar ya pak 🙂

      Suka

      • oke sudah saya masukin datanya..nanti dilengkapi pada waktu datang tgl 10 ya?.Tinggal bawa makanan dan minuman ya utk perjamuaan kasih .jangan lupa foto 4X6 2 lembar untuk bikin kartu anggota.Tidak ada arisan atau keuangan apapun yg mengikat,tetapi bukan berarti tidak menerima sumbangan uang atau barang untuk kemajuaan paguyuban.Sumbangan uang bisa dikirim via rekening BCA atas nama Christianto AC 0371458297,barang langsung diantar atau minta dijemput silahkan call 08886900007.Yang pasti sumbangan ilmunya sangat berarti untuk dibagikan ke teman2 pagujuban.SAYA TUNGGU KEHADIRANNYA DIGUBUKKU.kemungkinan besar tidak muat nih untuk pertemuaan perdana.Ayo siapa yg punya tempat yg luas dan dapat dipinjam silahkan hub saya atau kirim balasan ke P HELO GELORA blokspot atau gelora elektronik blokspot.Tak tunggu jawabannya ya ?

        Suka

      • Insya Allah saya datang pak.

        Suka

  24. kok tidak jadi datang..????.yg datang banyak banget ,,,sampai full.ada yg melanjutkan sampai jam 15.00 walaupun jadwal pulang jam 12.00.

    Suka

    • maaf pak ada keperluan keluarga, jadi terpaksa di cancel, pokoknya nderek remen, selamat semoga makin baik, sukses, berkembang, dan bermanfaat.

      Suka

  25. woro2 telah dibuka konsultasi elektronika via internet.1.gelora elektronik blogger.2 p helo gelora blogger.3.gelora elektronik wordpress.4.gelora elektronik kursus. facebook.5 rb chris.twiter.6.nehemia christianto facebook.7.eko nugroho putranto facebook./frenster.tagged.twiter,meetra.etc.

    Suka

  26. Data lengkap ditunggu ya mas? Undangan p helo gelora tgl 14 peb jam 10 pagi sd jam 12.00 siang …yg mau baca buku perpustakaan boleh melanjutkan sd jam 15.00.Bawa makanan sendiri2 ya mas ?

    Suka

  27. Mas HArdiyanto yg baik ,aku sedang menghadapi dilema,siapa yg bisa memberi jalan keluar.Masalahnya aku terima 15 anak SMK PKL ditempatku dari satu sekolah .Ternyata setelah 2 minggu mereka menunjukan tingkah yg mengkawatirkan.Dari mulai tata krama,disiplin dan skil yg memang tidak siap utk dunia kerja.JUJUR KALAU DITELUSURI kurikulum smk elektronika salah sasaran.Dari ujian kompetensi terlihat bahwa mereka diarahkan untuk perakitan dan pabrik2,bukan utk wiraswasta atau buka repair/bengkel.Padahal pabrik dan industri perakitan didlm negri sakit keras.Produk rakitan tidak berkembang dan mandeg gulung tikar krn kalah bersaing dgn rakitan yg dari luar negri yg lebih murah dan berkwalitas.Lalu lulusan nanti mau kemana?Berwiraswasta pilihan berat dan mereka tidak siap?Disatu sisi pemerintah mengembargemborkan smk……apa bukan pembohongan publik kalau ternyata hasil mereka tidak bisa diterima di industri jasa reparasi elektronika.Utk kerja pabrik mungkin bisa lulusan smp tak perlu ke smk krn toh yg dikerjakan dipabrik hal2 yg rutine dan mudah dipelajari dlm waktu singkat.Bagaimana jalan keluarnya mas har?trims.atas perhatian anda.

    Suka

    • itulah pak carut marut dunia pendidikan kita, bahkan di Universitas pun tidak diarahkan untuk menjadi wiraswasta.

      Suka

      • Pak, saya HRD di perusahaan aksesoris komputer di jakarta,,di kantor saya lagi butuh teknisi monitor dan motherboard,,klo bisa saya ingin mengajak kerja sama untuk lulusan kursus elektronikanya,,jika berminat tolong kirim cv ke dede_epro@yahoo.com
        atau hubungi saya di telf:0216126772

        Suka

  28. Pak, saya HRD di perusahaan aksesoris komputer di jakarta,,di kantor saya lagi butuh teknisi monitor dan motherboard,,klo bisa saya ingin mengajak kerja sama untuk lulusan kursus elektronikanya,,jika berminat tolong kirim cv ke dede_epro@yahoo.com

    Suka

  29. atau hubungi saya di telf:0216126772

    Suka

  30. Terima kasih tawaranya.Sementara lulusan komputer sudah dipakai dibeberapa daerah dan saat ini kosong.Ada dr logik juga memeinta tetapi kami blm dpt memenuhi krn memang yg sungguh2 dpt service board bisa dihitung dgn jari.Adanya yg jurusan av.Bila ada lulusan baru yg berminat akan kami tawarkan.Utk kerjasama silahkan tawarkan via email ke :geloraelektronik2@gmail.com.Terimakasih atas perhatiaannya.

    Suka

  31. mohon info tempat kurus electronic utk servis tv,tape,dll di jkt yg bagus apa ya?aa alamatnya ga?klo bs dekat2 itc roxy.thx

    Suka

  32. coba ketik markoni di geogle/cari/browsing kursus elektro.

    Suka

  33. Pak Cris, saya mengamati, saat ini belajar elektronika tidak banyak menghasilkan uang. Peralatan-peralatan elektronika dibuat per modul, yang kalau rusak kita hanya bisa mengganti modul tersebut. Kalau mau mengganti chip yang rusak, belum tentu ada, dan harga modulnya semakin murah. Selain itu kebanyakan pesawat elektronik sekarang hanya dipakai sekali, rusak langsung buang. Kira-kira peluang apa yang bisa kita dapatkan dari dunia elektronika?

    Suka

  34. apakah bisnis internet banyak menghasilkan uang?..penipuaan yes?kalau mau banyak manghasilkhan uang tuh jadi staff perusahaan asing dgn si/s2 jerman….baru oke…coba komputer,hp apakah juga banyak menghasilkhan uang?nyatanya banyak sekali tuh yg buka counter,,,seperti orang buka pemancingan dan rumah makan?temanku dibarat menceritakan disana repair mahal jadi…apakah berarti tdk ada bengkel elktro disana? nyatanya ada…apalgi indonesia….yg kultur sosialnya masih begini…sampai kapanpun elektro masih tetap laku…walaupun per modul…saya memaklumi jalan pikiran tsb ,,,,sudah 10 th yg lalu saya pikirkan ternyata sampai hari ini ya tetap dibutuhkhan tuh tenaga saya ini…mahasiswa elektronika banyak yg ikut kursus krn mereka tdk puas dgn kuliahnya…….so….menurut anda bagaimana?

    Suka

  35. Pertemuaan ke empat p helo gelora minggu 11 april 2010 jam 10.00 wib/on time. dirumah Bpk Gunawan Purwanto.kalakan rt 04 argorejo sedayu.jl wates 1 km dari pertamina rewulu kebarat. depan kecamatan sedayu keselatan 50m.salam p helo.makasih mas ..mudah2 an anda dapat datang krn sudah yg keempat.

    Suka

    • dekat rumah saya itu pak. sampai jam berapa ya acaranya, saya dari atas pak, mau mampir ke sewon dulu, mungkin jam 12 baru bisa nyampai di kalakan.

      Suka

  36. jam 14.00 baru pulang….mulai jam 10.15…2 section tanya jawab dan kursus.sekalian repair ampli milik tuan rumah !!

    Suka

  37. mungkin harus lebih creative. kalo memang ada dari temen2 mempunyai teknologi baru dan ingin mengembangkan menjadi sebuah produk, mungkin saya bisa membantu untuk menjembatani dg pemilik modal yang tentunya dengan kontrak yg jelas dan sama2 menguntungkan… bisa kontak saya di 0274 9201007

    trimakasih

    Suka

  38. mas lw udh ada jwaban n ptunjuk nya
    tlong ya krim zmz ke no hp sya:081995501454
    skali lgi mkasih
    m cwry gnggu wktu nya,,,,,,wsallam

    Suka

  39. tlomg ya mas lw udh dpet ptunjuk n informasi nya
    segera zmz ke no q 081995501454
    kursus hp nya yang plin bgus n gk susah2 amt

    Suka

  40. mas mau tanya dimana ya tempat kursus teknisi printer

    Suka

  41. mas mw nanya lw kursus servis hp biayanya berapa ya mas….n berapa kali pertemuan????

    Suka

  42. DIBUKA KURSUS PRIFAT DATANG KERUMAH UTK ANAK SD,SMP ,SMA DAN PERGURUAAN TINGGI DGN BANYAK MATERI BARU………MISAL:CARA CEPAT BELAJAR ELEKTRONIK VIA INTERNET./TEKNIK DASAR YG CEPAT DAN AKURAT MENEMUKAN KESALAHAN ELEKTRONIKA.Biaya Rp.100.000,- per jam/60 menit. plus biaya transpot diluar jarak 5km dari psat kota Yogjakarta.pendaftaran via:0274.965.9696.

    Suka

  43. maaf mau tanya kursus electro daerah tangerang di mana y..kabarin info y

    Suka

  44. Kalo kursus khusus TV berapa ya pak,… perlevel berapa biayanya

    Suka

  45. pak disitu bisa bwt PKL ngga…???
    toloong jwb secepatnya..

    Suka

  46. mas saya mau bljr elektro, tp saya tinggal di jambi, gmn cra nxa saya bljr tnp hrs ke jogja? Apakah bisa tanxa jwb via online?
    085268246837

    Suka

  47. The model of these blogging engines and CMS platforms is the deficiency of limitations and comfortableness of touch that allows developers to obligate privileged accumulation and ‘skin’ the position in specified a way that with very lowercase activity one would never asking what it is making the tract sew all without limiting proportion and effectualness.

    Suka

  48. assalamualaykum.
    Mas mau tanya, kalau pelatihan service AC di jogja dimana yah..?
    Matur nuwun mas.

    Suka

  49. tq infonya gan, jgn lp mampir ke website kmi http://www.umrohkita.com ( temptanya umroh grtis dan penghsilan puluhan juta perbulan)

    Suka

  50. mas saya mau kursus d situ tpi blum mudeng mslh biayanya,,,
    kalo ada fb mas tlonx aq mnta y…????

    Suka

  51. saya ingin kursus dari dasar, barusan ke jl bhayangkara 69, tp sdh berganti pemilik, harusnya saya kemana?

    Suka

    • Sepertinya pindah ke bantul. Barat stadion bantul ada perempatan. Ambil ke utara. Sekitar situ timur jalan.

      Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: