Gerhana Satelit mengganggu penerimaan parabola


Gerhana satelit adalah fenomena alam biasa yang mengakibatkan penerimaan sinyal satelit pada parabola kita di pemancara menjadi terganggu, malah lebih parahnya lagi yaitu sinyal satelit bisa benar-benar hilang sehingga pada receiver digital akan muncul pesan NO SIGNAL atau SINYAL TIDAK BAIK.

Hal ini terjadi karena posisi Matahari, Satelit dan Parabola dalam satu garis lurus, sehingga radiasi sinar matahari menginterferensi sinyal satelit, akibatnya menimbulkan gangguan seperti diatas. Kalau ini terjadi kita tinggal pasrah saja agar segera berlalu.

Bulan maret 2008 ini perkiraan gerhana satelit yang bakal mengenai satelit Palapa C2 (dipakai oleh antara lain ANTV, tvOne, RCTI, TPI) adalah mulai tanggal 12 sampai 16 maret 2008 kisar jam 9 pagi sampai jam 10 pagi.

Jika para penikmat televisi besok pada jam dan tanggal tersebut melihat siaran televisi yang diterima di rumah ada gangguan pada gambar dan suara, bahkan mungkin hilang sama sekali, bisa jadi itu karena terkena GERHANA SATELIT.

Bisakah hal tersebut diatasi? kalau fenomena itu jelas akan tetap terjadi, sebagai engineer di transmisi maka upayanya hanya dengan sebelumnya memaksimalkan kualitas penerimaan pada parabola sebisa mungkin mendekati 100%, yah 90% sudah lumayan, sehingga jika sinyal satelit drop sekitar 50% pun masih bisa menerima, walaupun tetap terganggu, akan tetapi tidak sampai mati sama sekali. Kadang keberuntungan juga ada, yaitu setiap stasiun relay pemancar televisi pasti punya parabola cadangan, dan mujurnya kadang-kadang parabola cadangan ini tidak terkena GERHANA SATELIT dalam waktu yang bersamaan, sehingga siaran relay bisa kita ganti dari parabola cadangan ini. Hal ini mungkin terjadi karena letak antara parabola utama dan parabola cadangan yang berjarak sekitar 30meter (jarak ini tidak tentu, tergantung stasiun relay punya tanah luas atau tidak), sehingga walaupun sekecil itu, berpengaruh terhadap posisi garis lurus antara matahari, satelit dan parabola.

Parabola dengan diameter yang besar juga berpengaruh terhadap ketahanan gangguan gerhana satelit ini, karena dengan piringan yang besar mampu untuk menampung lebih banyak sinyal untuk difokuskan di LNBnya, sehingga bisa mendapatkan sinyal lebih baik.

Sebenarnya semua layanan yang menggunakan satelit, akan terganggu saat terjadi gerhana satelit ini, termasuk layanan internet dan radio satelit.

9 Tanggapan

  1. gerhana satelit kalo ditempat saya disebut sun outage mas

    Suka

  2. Thx ats infonya, sangt bermanfaat sekali.
    Mmm, tp sy ingin nanya, apkah gerhana satelit ini berpengaruh dengan kinerja ATM ?
    Mohon maap klo pertanyaannya slh..maklum mas masih belajar.. 🙂

    Suka

  3. wah baru denger ada gerhana satelit
    sip…

    Suka

    • jika melihat fenomena ini, mungkin besok saat 2012 karena matahari sangat dekat dengan bumi, maka bisa saja ada kiamat satelit, karena sinyal satelit kalah sama radiasi matahari.

      Suka

  4. apakah bener kalo gerhana xatelit tuhh bixa membuat tv kita mati total xaya denger2 dari temq mas,apakah gerhana satelit tuhh bixa kita hindari mngkn dengen mengeserkan posisi satelit palapa to lainnya??? n kalo 2012 tuhh apkah ad pengaruhnya dgn satelit kita ini??? i wait for your answer

    Suka

    • Jika tv mas vincent adalah tv langganan yang memakai parabola kecil dirumah, sangat bisa terjadi saat gerhana satelit akan terganggu. Intinya saat posisi matahari, satelit dan parabola di rumah lurus, maka kekauatan radiasi matahari bisa mengganggu kekuatan pancaran sinyal satelit, sehingga sinyal satelit akan terhanggu. di tahun 2012 kemungkinan seperti itu sangat masuk akal, jika memang matahari pada titik terdekat dengan bumi.

      Suka

  5. Really nice post,thank you

    Suka

  6. Sy mengalami di th 2012 penerimaan sinyal parabola buruk sekali, dan hari ini kejadian lagi 🙂 pasrah.. makasih infonya

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: