Peluang bisnis membuat SET TOP BOX untuk tv Analog


Entah ini adalah feeling saya saja, bahwa era penyiaran TV digital akan lebih cepat diaplikasikan di Indonesia. Pilihan pemerintah sudah jelas yaitu pilih standard DVB-T dari eropa.

Jadi ingat saat RCTI pertama kali dulu siaran di UHF, sedangkan mayoritas pesawat tv penerima saat itu adalah bekerja di VHF, tetapi justru hal ini membuka peluang bisnis, banyak bermunculan akhirnya tuner UHF yang ditambahkan ke rangkaian TV VHF agar bisa menangkap siaran RCTI.

Begitulah, sebenarnya pemerintah saya kira enggak perlu ragu untuk segera mendorong penyiaran ke digital teresterial, artinya mulai sekarang pemancar TV harus dual mode (wah kayak HP saja), yaitu yang analog tetap memancar, tetapi ditambah dengan pemancar digital. Saya kira nanti akan segera muncul alat-alat digital to analog converter atau lebih dikenal dengan istilah SET TOP BOX, agar bisa menangkap siaran digital tetapi ditampilkan di TV analog yang sekarang ini dimiliki oleh masyarakat umum.

Dengan catatan bahwa siaran digital memang lebih baik secara kualitas, juga bisa menghadirkan fitur-fitur tambahan yang memungkinkan penonton bisa lebih interaktif, maka orang akan rela untuk membeli set top box seharga range Rp. 100ribu sampai Rp. 200ribu. Sekarang lihat saja berapa banyak orang yang beli HP canggih yang kaya fitur, tetapi akhirnya hanya sebatas bangga-banggaan saja, tidak bisa memanfaatkan fiturnya dengan maksimal, karena memang kebanyakan orang bahkan tidak tahu apa sih kebutuhannya dari sebuah HP. Balik ke TV lagi, nanti pasti akan ada gelombang bangga juga, istilahnya kalau belum punya alat yang bisa nangkap siaran TV digital, maka akan merasa ketinggalan jaman. Lha wong tanaman Gelombang Cinta yang jutaan saja dibeli kok, hanya karena faktor perasaan.

Bagi pehobby elektronika, saatnya anda mulai mempelajari peralatan SET TOP BOX agar jika saatnya penyiaran teresterial TV digital dimulai, anda sudah punya barang untuk dijual, Bakal laris manis deh.

Iklan

2 Tanggapan

  1. […] dari PT MBS, bahwa langganan untuk mactv ini adalah Rp. 85.000 per bulan dengan diberi pinjaman SET TOP BOX yang ada smart card nya sehingga tanpa smartcart tersebut tidak bisa menerima siaran mactv. Set Top […]

    Suka

  2. Betul sekali, masalahnya sampai saat ini saya belum menemukan skema rangkaian set top box tsb untuk dipelajari.

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: