Tata cara PERPANJANGAN SIM C di Polres Sleman


Tanggal 24 November 2009 saya memperpanjang SIM C yang usianya sudah 5 tahun, sehingga bentuk fisik SIM C saya malah hampir patah ditengah jadi dua bagian.

Berikut ini untuk warga Kabupaten Sleman yang ingin PERPANJANGAN SIM C, saya tuliskan pengalaman saya, biar nanti tidak perlu tanya sana sini saat di Polres Sleman.

Pertama.

Foto kopy SIM C dan KTP anda, masing-masing 2 lembar. Satu lembar nanti dikumpul, satu lembar untuk arsip anda 🙂

Kedua.

Langsung saja ke tempat TEST KESEHATAN, letaknya ada di seberang jalan POLRES SLEMAN, tepat di seberang pintu keluar dari Polsek Sleman, kalau anda warga Sleman pasti tahu tempat keluar motor/mobil di Polsek Sleman.

Surat Sehat

 

Nah di tempat test kesehatan ini, prosedurnya adalah mengumpulkan Foto Kopy KTP dan SIM anda ke tempat pendaftaran, selanjutnya antri tunggu panggilan, test kesehatan pertama adalah di test tekan darahnya, yang kedua adalah test penglihatan/mata, memakai kacamata yang sebelah bolong, dan sebelahnya hitam, gantian kiri kanan, kacamatanya ada dua buah. Nanti seperti biasa disuruh membaca huruf sesuai yang ditunjuk oleh petugas. Kemarin saya lolos tes ini sempurnya dapat nilai 55, artinya mata saya kanan dan kiri masih normal semua, alhamdulillah. Test kesehatan ini membayar Rp. 20.000,-

Ketiga.

Setelah mendapat surat keterangan sehat maka langsung masuk ke Polres Sleman, parkir di tempat biasa, dan langsung menuju Ruangan Pembuatan SIM yang letaknya paling ujung, sepertinya jam 8 pagi sudah buka, pintu memang tertutup karena ruangan berAC, bahkan saya lihat ada ruang khusus untuk perokok. Saya kasih jempol dalam hal ini untuk Polres Sleman.

Prosedur Perpanjangan

Berbekal Surat Keterangan Sehat tadi, anda langsung antri di loket pembayaran BRI yang letaknya paling kiri, untuk perpanjangan membayar Rp. 60.000,- untuk SIM baru Rp. 75.000,– Saya sendiri tidak tahu rinciannya sejumlah uang tersebut untuk apa saja, karena memang saya cari-cari keteranganya tidak ada.

Keempat.

Setelah membayar, maka selanjutnya serahkan ke Loket III, disini nanti akan dipanggil dan anda akan mendapatkan BLANGKO untuk diisi, contoh pengisian ada ditempel di tempat menulis Blangko. Saya sempat bingung mengisi Kode Bank dan Nomer Resi sesuai nota yang saya dapatkan di pembayaran bank BRI, tetapi setelah saya tanyakan, ternyata bagian ini tidak perlu diisi.

Blangko yang harus diisi

Jangan lupa bawa bolpoint dari rumah, karena hampir semua bolpoint yang disediakan tidak ada ditempatnya, dan ternyata ada penjual bolpoint yang menawarkan dan saya yakin harganya Rp. 2.000,- dari yang harga standar Rp. 1.000,- karena kemarin pengalaman saat ngurus SKCK punya istri saya belinya Rp. 2.000,-

Tempat menulis blangko, jangan lupa bawa bolpen dari rumah

Kelima

Setelah blangko diisi lengkap, maka dikumpul lagi di Loket III, dan anda akan mendapatkan nomer antrian untuk FOTO. Jadi tinggal nunggu panggilan untuk masuk ke loket Produksi.

Suasana di depan Loket

Keenam

Saya menunggu panggilan di Loket Produksi, dan akhirnya dipanggil 7 orang sekaligus yaitu nomer urut 11 sampai 17, saya nomernya yang 17. Perlu diketahui bahwa kain background fotonya warna BIRU, jadi akan lebih baik anda memakai pakaian yang berwarna terang, misal putih, merah, kuning, orange dll. Saya sendiri kemarin memakai kaos warna merah, jadi bisa kelihatan kontras dengan kain backgroundnya. Disini anda akan ditanyai ulang perihal data pribadi dan alamat, jika mungkin ada yang salah atau kurang, jangan ragu minta dibenarkan dulu. Di sini juga dipindai jempol kiri dan jempol kanan anda, dan inilah mungkin mengapa saat ini tidak memakai surat sidik jari, padahal saya sudah membawa dari rumah, dan tidak terpakai, jadi jempol kita sudah langsung di scan oleh komputer.

kartu Antri untuk panggilan Foto SIM

Pastikan posisi badan anda rilek dan tegak, sedikit berwajah cerah 🙂 , tapi jangan senyum. Nah pemotretan selesai, tinggal tunggu SIM jadi.

Ketujuh

setalah dari Loket Produksi selesai, maka tinggal nunggu dipanggil di Loket Pengambilan SIM, nah ini makan waktu kurang lebih 10-20 menitan. Saat saya dipanggil saya sempat kaget karena harus bayar Rp. 5.000,00 untuk mengambil SIM yang sudah jadi, jangan lupa SIM yang lama di serahkan. Biaya Rp. 5.000,- ini tanpa kuaitansi, kita dapat dompet SIM dari plastik sebagai “imbalannya” yang sebenarnya kalo boleh memilih, saya mending tidak pingin dompet ini, karena SIM saya dan juga anda semua kemungkinan besar pasti jadi satu di dompet yang biasa anda bawa.

Selesai sudah semua proses tersebut, saya mulainya pukul 08:15, dan selesai pukul 10:00.

Total Biaya :

Test Kesehatan : 20.000

Bayar di BRI       : 60.000

Ambil SIM          :    5.000

Parkir                 :    1.000

==================== +

Total                  :  86.000,-

Demikian semoga berguna bagi yang ingin memperpanjang SIM C di Polres SLEMAN. 🙂

Iklan

31 Tanggapan

  1. Biasanya SIM itu habis saat yang punyanya Ulang tahun . . .

    btw beter late than never . . . selamat ulang tahun Mas 😀

    Suka

  2. betul…waktu ulang tahun kita malah sibuk perpanjangan ktp, sim, paspor, ….dll

    Suka

  3. kalau bikin sim baru gimana ya?

    Suka

  4. saia akan mncobanya……..smoga lebih singkat dan prosedur yang harus dilalui dapat dipangkas menjadi lbih singkat dan mudah……

    Suka

    • asal langsung ke tempat Test Kesehatan pasti lebih cepat, sebenarnya test kesehatan bisa juga di puskesmas, tapi mungkin minta ke dokter puskesmas (toh dokter puskesmas dokter negeri dan diakuai pula) diperiksa soal mata dan laporannya seperti form yang milik dokter dekat Polres kayak difoto itu. Di Puskesmas mungkin bayar 4ribu saja, di dokter dekat Polres 20ribu 😦

      Suka

      • dokternya yo ga sembarang tunjuk bro… lagi pula tarif dokter emang segitu to…. coba dari dokter polisi malah ga bayar.. kenapa polisi memakai dokter umum? karena dikhawatirkan akan terjadi pungli…. untuk tari tetek bengek biaya dan lain2 emang segitu adanya… ada di Undang-undang dalam pasal brp saya lupa… cari sendiri aja.. harap dijadikan ralat..

        Suka

      • trimakasih masukannya, saya dan saya rasa mayoritas orang umum tentu tidak pad atahu undang2 tersebut, bisa diberikan link nya mas? Untuk biaya yang resmi2 meskipun tidak baca undang2nya saya pun yakin itu dijalankan sesuai undang-undang, kecuali jualan dompet SIM kayaknya saya tidak yakin deh.

        Suka

  5. Numpang tanya…kalo mw perpanjang tapi beda provinsi pembuatan sim kira2 bisa ga?

    Suka

    • Maaf saya belum ngerti yang seperti itu, tapi seharusnya bisa, mengingat sim kita kan berlaku nasional (atau malah internasional?)

      Suka

  6. Trims banget atas tulisan ini. bermanfaat banget. Lima hari lagi simku habis, baik yg A maupun C, prosedurnya mgkn sama ya, biayanya aja mgkn yg beda. Sabtu ke sleman nggak libur kan ya sana…

    Suka

  7. mau nanya dong mas,
    saya asli balikpapan, kalimantan timur dan SIM saya juga asal sana,
    nah kebetulan SIM saya sudah mau mati nih, kalo diperpanjang langsung di satlantas sleman aja bisa g ya???

    Suka

  8. Numpang tanya bosss, ni sim saya sudah telat sabu minggu tp blm saya perpanjang. Nahhh, itu gimana, apakah nanti diDenda atau suruh bikin baru lagi (ikut tes gitu) ?

    Tolong siapa yg tau, q minta infonya ya…????

    Terimakasih BangeeettttTTTTTTT

    Suka

    • kalau terlambat lebih dari setahun kayakny aharus test mengendarai motor, dulu sitri saya terlambat beberapa bulan harus ikutan test tulis. Tapi tepatnya saya kurang tahu.

      Suka

  9. UNTUK JADI RALAT….. BACA DULU ATURAN TENTANG BEAYA SIM MASUK KEMANA… UDAH ADA UNDANG2 DAN PASALNYA…

    Suka

  10. Terima kasih mas buat tipsnya.
    hari ini saya mau perpanjang sim. Info ini bermanfaat sekali untuk teman-teman semua.

    Matur suwun

    http://massol507.multiply.com

    Suka

  11. juli iki ak yo arep perpanjangan tapi ak dinas d luar kota… piye yo????

    Suka

  12. mas saya mau tanya, klo sim C saya uda mati hampir setahun itu prosedurnya sama & biayanya juga sama gak ya mas ??
    ada yg bilang klo uda telat lama gitu harus buat sim baru / biayanya sama kayak buat sim baru…
    mohon bantuannya mas..

    matur nuwun..

    Suka

    • istri saya dulu telat 7 bulan harus ikut ujian tertulis. kalo setahun mungkin harus ikut ujian tulis dan praktek.

      Suka

  13. Kalau sim A & C sekaligus prosedurnya gmn ya gan?
    Tes kesehatannya bisa 1 saja or harus 2 kali bayar?
    berapa ya gan biayanya?
    Matur suwun

    Suka

    • mungkin item cek kesehatan utk sim A beda dg sim C. nanti tanya sj dg dokternya. syukur2 cukup satu.
      biaya kurang tahu mas. maaf.

      Suka

  14. mau tanya nh kalou perpanjangan SIM luar daerah gimana ya apa ada perpanjangan SIM ONLINE jadi yang jauh di seberang sana nggak perlu repot2 harus pulang

    Suka

  15. Thanks ya, sangat membantu. Kebetulan kemaren abis ke tilang gara2 sim mati dan aku gak sadar itu hehehhe… udah mati 7 bulan baru tahu. Wah … harus perpanjang neh.
    Oh ya, kalau di Polres Sleman ada jadwal khusus hari apa untuk wilayah mana gak ya? Matur nuwun.

    Suka

  16. minta alamat lengkap polres sleman dnk

    Suka

  17. jempol

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: