Minggu Pon di Pasar Godean


Tadi pagi tidak sengaja saya sepulang kerja melewati pasar Godean, Masya Allah lha kok macet, ada apa gerangan? setelah saya pikir-pikir, oh pantas ini kan hari Pasaran Pasar Godean, yaitu PON, dan kebetulan pas hari Minggu, lengkapnya adalah MINGGU PON, mungkin banyak orang libur, sehingga mempunyai kesempatan untuk pergi ke Pasar Godean.

Yang belum paham Pasaran dalam budaya Jawa, silahkan lihat Kalender yang ada pasarannya, yaitu, PON, WAGE, KLIWON, LEGI, PAHING lalu berulang lagi ke PON dst. Jadi hari pasaran di pasar-pasar tradisional di Jawa Tengah / DIY biasanya seperti itu, bisa PON, atau WAGE, atau KLIWON, atau LEGI, atau PAHING. Kebetulan untuk Pasar Godean Hari Pasaran yang paling besar adalah saat PON. Dihari pasaran ini hampir semua pedagang menggelar dagangannya, misal pedangang Burung, Ayam, Sandal, Tikar, Anyaman bambu, dll. Kalau hari biasa hanya pedagang biasa saja yang menggelar dagangannya.

Berikut ini saya gelar foto-foto saat saya terjebak macet, dan foto lainnya tentang pasar Godean. Selamat menikmati.

Arah ke barat, kiri jalan, utara Lapangan Godean.

masih lokasi yang sama

Lokasi sama, tapi kanan jalan

Lokasi sama, kanan jalan (utara jalan), Parkiran motor FULL

Lokasi sama

Yang jualan bunga juga ada (kiri jalan / Selatan jalan)

Gelombang Cinta yang dulu harganya selangit juga ada

Aneka pohon Puring juga ada

Parkiran selatan jalan juga FULL, depan toko kain

Kumpulan makluk berburung, gemar burung, dan kandang burung

Sama diatas, lokasi di utara jalan

Bibit Pohon Jati, lokasi dekat Pegadaian, selatan jalan

Bibit Durian, Jeruk dan Mangga juga ada

Pedagang Srandal di depan Pegadaian Godean

Penjual pisau di depan Pegadaian Godean

Pande Besi, tampat orang repair Cangkul, Pisau. Depan Pegadaian

Ini adalah profesi “TEPI JAMAN” meminjam istilah dari salah satu acara di tvOne. Lihat saja semua masih asli tradisional, biasanya para petani mengupgrade pisau, arit gober, arit gedhe, pacul dan lainnya di tukang PANDE BESI ini agar alatnya kembali tajam. Yang seperti tabung besar itu adalah pompa udata manual digerakkan dengan tangan, fungsinya untuk menipu bara arang kayu agar panasnya bisa memanaskan besi.

Anak ayam warna-warni menggoda selera anak-anak.

Arah selatan di perempatan Godean yang timur dekat Pegadaian.

Burung Dara, banyak diperjual elikan di pasar Godean

Burung Merpati adalah khas diperjual belikan di pasar Godean sejak saya kecil dulu, dulu saya pernah juga kena demam memelihar burung merpati. Aneka “sawangan” yaitu semacam sempritan yang bisa dipasang di ekor burung merpati juga dijual disini. Sayang saya belum bisa motret.

macetnya dah kayak Jakarta saja

Kripik belut / belut goreng, yang tidak terlupakan.

Ingat Pasar Godean, tentu ingat belut goreng, atau kripik belut, sekilo harganya kisaran Rp. 60ribu rupiah.

wah kok macet ya

Wajah-wajah ceria dan optimis yang mau ber minggunan pon di pasar godean πŸ™‚

Depan TOKO DSM yang melegenda

Seingat saya Godean dulu identik dengan toko DSM dan toko sepatu Galaxy, baru sekarang ini banyak toko-toko baru bermunculan, tapi kedua toko tersebut masih bertahan sampai sekarang. Itu dari saya kecil kisaran tahun 1980an sudah ada.

Bangjo prapatan pasar Godean dari timur ke barat

Pas diperempatan bangjo, arah utara, tampak Bank BRI kulon pasar

Anda pasti pangling pada pojok utara ada bagunan baru di selatan bank BRI. Dulu disitu ada tukang ketik manual yang bersebelahan dengan toko onderdil motor. Toko onderdilnya pindah ke barat.

Sekarang belok kiri ke arah Pedes Argomulyo Sedayu Bantul.

Dijual KEPANG di depan SD Godean 1

Kepang adalah anyaman bambu yang diraut tipis, sehingga bisa fleksibel dan bisa digulung, kepang biasanya oleh orang Jogja untuk alas menjemur padi, ada pula yang untuk membuat dinding rumah atau plafon rumah. Biasanya pembuat kepang ini adalah orang-orang daerah Seyegan.

Dijual GEDHEK dan KURSI BAMBU, masih di depan SD Godean 1

Berbeda dengan KEPANG, GEDHEK adalah anyaman bambu yang lebih tebal, sehingga biasanya untuk dipakai sebagai dinding rumah lebih kokoh, dulu saat gempa jogja, Gedhek ini begitu laku untuk membuat rumah sederhana.

Pasar Godean dilihat dari atas, foto diambil di toko Purnama

parkiran di depan Toko Purnama Utara Pasar Godean

Panen nih tukang parkirnya kalo setiap hari seperti ini.

Pasar Godean sebelah Utara, sentra sayur mayur dan buah-buahan

Di utara pasar Godean adalah tempat penjual sayur mayur dan buah-buahan, disini harganya relatif murah. Hanya sayang sekali sekarang aspalnya rusak, jika pas musim hujan menjadi becek.

Fresh dan murah meriah

Fresh dan murah meriah

Soto Pak Dullah adalah soto daging sapi yang paling enak di pasar Godean (ini pendapat saya pribadi), warung soto ini ada di sebelah timur pasar Godean, tepatnya di perempatan yang dekat Pegadaian lalu menuju utara, timur jalan. Warung ini laris manis, harga per mangkok adalah Rp. 5.000,- wedang Rp. 1.500,- dan Parkir Rp. 1000,- 😦 (larang parkire). Tapi masih enak soto lamongan di utara terminal lama Umbulharjo, dan paling enak ya soto pak Halim di Sekarsuli jalan Wonosari πŸ™‚

Soto pak Dullah, wetan pasar Godean

Demikian hasil saya terjebak macet saat Minggunan Pon di pasar Godean, ditambah ini itu hasil jepretan saya yang dulu-dulu, sesungguhnya masih banyak yang bisa dijepret dan ditampilkan, tapi saya hampir tidak pernah lagi PON PONAN di pasar Godean sejak 2001 saat saya mencari jago untuk bombongan pernikahan saya πŸ™‚

Semoga foto-foto ini bisa menambah kangen anda-anda yang ada di rantau yang pernah punya memory dengan pasar Godean. Mungkin 5 atau 10 tahun yang akan datang seperti apa wajah pasar Godean? Paling tidak blog saya ini mengabadikan wajah pasar Godean saat ini. Pasar Godean memang gak ada matinya.

41 Tanggapan

  1. walaupun saia deket ke godean, tetep ngangenin kripik belutnya.. buat cemilan ga da bosen2nya πŸ˜€

    Suka

  2. ooo ngoten niku. kula dereng nate teng Godean. paling pol ngantos ringroad ler. lha saking ringroad tebih napa mboten niku ?

    Suka

    • saking ringroad Demakijo (prapatan demakijo yang ada tangsi tentara), meniko ngilen bablas, kinten-kinten 5 KM, menawi nitih motor njih paling 5-10 menitan. Monggo kapan-kapan menawi pas PON mampir wonten pasar Godean, jan rame estu, pasar Tradisional engkang lengkap. Menawi ndalu njih mboten tilem pasar meniko, wonten Mie Jowo, Magelangan, Nasi Goreng dll.

      Suka

  3. PF : >>sering2 sj Om ksh info kmplit ttg suatu daerah dg keunikannya….itung2 nyalurkan hobi (travelling,fotografi,cuci mata,etc) smbl beribadah. Berhub msh msm Duren, gmn jk anytime shoot ‘Mangunan” Dlingo…rute lewati Imogiri dg keunikan wedang Uwuh ato Gurah….!!hehee. Sugeng makaryo..

    Suka

    • Duren sudah saya bahas mas, silahkan cari di blog saya dengan keyword durian. Tapi memang ini durian Patuk, Gunungkidul. Matur Nuwun.

      Suka

  4. ah…saya ga ke foto..hihihi… :mrgreen: …padahal perasaan lewat situ juga..wkwkk

    Suka

  5. wkwk..saya pake mx hitam silver kok.. :mrgreen: . .dalam perjalanan menuju warnet ..hihii

    Suka

  6. Memang demikian selama 13 th saya tinggal disidoarum terjadi perkembangan yg cepat disepanjang jl godean.harga tanah melambung tinggi.tanah kas desapun dijadikan ruko.bahkan tanah yg tak bersertifikat dilalap juga.mungkin oleh oknum tertentu.Sawah dulu masih banyak sekarang sudah menjadi perumahan.kenyamana tinggal bersama burung berkicau sudah tdk dpt dinikmati lagi krn burung diburu dan ditembak mati.Makanya saya pindah ke sewon pak yg masih banyak burung dan pemandangan alam yg menakjubkan.Kapan2 mampir dan lihatlah dari belakang rumah saya yg berlantai dua antena TV one nampak disebelah timur agak ke utara.Bukit patuk gunung kidul nampak sangat jelas terutama jam 12 siang…wau matahari terbit,,,sungai….sawah…burung ..serangga sunguh bersatu dgn alam.

    Suka

  7. To chris : kalau di tepi jalan godean emang iya, sudah crowded dan tak berhijau daun, tapi coba masuk ke utara entah di daerah nogotirto atau pasar godean ke utara, ijo royo royo…sewon jauh sih kalau ke kota πŸ™‚

    Suka

  8. Pasar godean dket desa.ku.
    @mas hadi
    Tau joglo tani gak mas?

    Suka

  9. saya punya burung tp kok g prnah bertelor pdahal burung saya tnggi

    Suka

  10. mas, nanya dong… kalau ke jogja, kalau mau cari kebun hidroponik (greenhouse) yang mau dikunjungin tamu, dimana ya mas??
    thanx

    Suka

  11. selain pasaran pon sepi atau malah ndak ada ya om?

    Suka

    • tiap hari pasar ramai, tapi kalau PON banyak pedagang macem-macem jenis berdagang, seperti burung merpati, ayam bangkok, tanaman hias, dll.

      Suka

  12. Di sekitar pasar Godean banyak sekali BTS, tahu gak Om… itu BTS-nya siapa saja ? Yang Jelas kalau sinyal smart-nya bagus banget (Full banget sampai gak mau turun satu bar pun).
    Terus tahu gak Om, kalau di daerah saya desa Sumberarum, Moyudan Jaringan yang paling bagus pakai kartu apa?

    Suka

    • kalau di Pasar Godean dan sekitarnya tentu semua operator ada dan bagus, kalau satu persatunya saya tidak tahu. Untuk daerah bapak monggo dicoba saja satu persatu πŸ™‚

      Suka

  13. Mas sekarang di sana masih sering hujan di saat musim kemarau ga?

    Suka

  14. WAH SIIIIIIP TENAN
    SAYA SEBAGAI WARGA GODEAN BANGGA
    WALAUPUN BANYAK RUMAH SUDAH BERDIRI!

    Suka

  15. wahhh…pas tenan kanggo tombi kangen.
    kelingan cilikanku biyen, sok neng pasar godean nek pas pon….
    matur nuwun mas…
    salam,

    Suka

  16. ijin ngeshare ya mas

    Suka

  17. ..wahh saya juga orang godean πŸ™‚

    Suka

  18. Wee, e onten sing kirang mas, sekitar taun 90-an riyen onten sing cliwik/dadu, trus pusat ikan lele di selatan pengadaian deket sungai, saiki aku wis

    Suka

  19. mantabsss

    Suka

  20. keren, ane jg warga godean. 600 m slatan pasar gan.. tapi banyak hidup di kota lain. seminggu sekali pulang ke godean

    Suka

  21. wah kebetulan ni mas infonya lengkap, kulo tiyang tempel lagi pados info hari pasaran pasar, nah sakniki kan PON mumpung libur, njajal tak tuweni, πŸ™‚
    http://akalikal.kandangbuaya.com

    Suka

  22. hua…beneran pangling.
    tukang ketik manualnya pindah kemana? dulu pernah ngetikin buat tutup besek kalau gak salah πŸ˜€
    ini kayaknya bukan pulang kerja, tapi memang niat pon-ponan πŸ˜€ *peace*
    pic-nya banyak bener…

    makasih sharing pic n ceritanya.

    Suka

  23. … [Trackback]…

    […] Read More here: hadiyanta.com/2010/01/10/minggu-pon-di-pasar-godean/ […]…

    Suka

  24. yah emang asik..saya juga lg cari rumah yg dekat pasar godean

    Suka

  25. Aku dadi kelingan jaman biyen mas kira2 tahun 98, pas kuwi aku ngendangi adiku kos neng jalan Monjali, trus aku mlaku2 neng pasar Godean, neng kene enek bakul sawangan dara gak tak tuku, seprene getunku gak mari2, lha neng daerahku Blitar gak enek, arep nyang Godean maneh adoh.

    Suka

  26. Mas di Pasar Godean ada yang jual bibit lele tidak, kalau ada bisa beli setiap hari apa harus pas PON

    Suka

  27. Lokasi pedagang burung dimana ya?

    Suka

  28. This is fascinating, You might be a very knowledgeable digg. We’ve signed up with a person’s feast and crunch with regard to looking for further of this wonderful article. Likewise, I’ve provided your site inside my internet sites

    Suka

  29. alhmdlh.rasa kangen kmpg halamanku terobati.saya kebetulan orang godean dekat kantor pos.cuma jarang pulang.hampir 30 tahun menetap di bandung.ke godean gak bisa dipastikan.tergantung kondisi. sekalinya pulang jadi heran…..yah.sawah-sawah jadi perumahan.pokoknya pangling. trim.s infonya.

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: