koleksi aplikasi di andoid saya


Memang beda sekali saat memakai HP android dibanding HP saya sebelumnya yang tanpa sistem operasi, HP ber OS android, ibaratnya sudah seperti komputer saja, seperti laptop tapi dalam ukuran kecil, dan salah satu kelebihan android adalah adanya ANDROID MARKET yang disediakan gratis oleh google, jumlahnya ribuan dan rasanya tiap orang dengan hobby dan kesukaannya masing-masing akan bisa tersalurkan dengan android.

Inilah koleksi aplikasi android yang sudah saya download dan saya install di HP Samsung Galaxy 5 saya.

1. WordPress for android. Dengang aplikasi ini saya bisa posting artikel dari HP saya, saya juga bisa upload foto untuk artikel saya. Jadi jika sewaktu-waktu ada bahan tulisan dan foto bisa langsung tayang di blog.

2. Twitter for android. Sudah sangat jelas gunanya untuk ber twit ria di hp.

3. Facebook for android. Dengan aplikasi ini saya bisa upload foto yang saya ambil langsung di tempat kejadian, ataupun bisa upload foto dari koleksi foto saya yang sudah saya simpan di memori hp. Jadi sekarang saya lebih sering update statusnya langsung foto, misal saya makan soto, ya sotonya langsung difoto lalu upload di fesbuk, dll.

4. Tweetdeck. Ini adalah program utuk menyatukan antara lain twitter dan facebook dalam satu aplikasi, dan bisa langsung muncul/push di layar HP kalau ada yang update twitter, tapi untuk facebook saya belum berhasil juga sampai saat ini di hp, kalau di laptop mah sudah bisa, jadi begitu ada yang update twitter atau fesbuk, maka di laptop langsung nongol. Langsung bisa kasih komen atau nge like this.

5. Yahoomail for android, tentu saja ini untuk aplikasi mail yahoo, dan bisa langsung push email juga, meskipun kadang ya ngadat juga, untuk aplikasi push email, memang BB lebih oke, karena basicnya BB kan memang untuk push email.

6. Googlemail. kalau aplikasi ini sudah bawaan hp samsung galaxy 5 saya, begitu ada email yang masuk ke gmail saya, maka juga langsung push dan nongol di HP.

7. Youtube. Ini juga sudah bawaan HP, jadi bisa langsung streaming youtube di HP, tentu saja makan pulsa dan harus dengan 3G network bisar gak putus-putus.

8. Compass. Jelas sekali aplikasi ini untuk mengetahui arah yang benar.

9. RockPlayer, ini adalah aplikasi pemutar video yang saya unduh dan install di hp saya.

10. Winamp. Pemutar musik yang sangat populer, dan ini bisa di install juga di HP android.

11. Operamini 5. Ini aplikasi wajib yang harus ada di tiap HP, dan di hp android yang layar sentuh, sangat enak memakai operamini, tinggal sentuh saja yang mau kita buka, cepat dan menyenangkan, hi hi hi yang pake trackpad, trackball, dan opticalpad saya kok yakin layar sentuh lebih nyaman.

12. Belajar Hijaiyah. Ini adalah aplikasi untuk belajar huruf hijaiyah atau huruf arab, menarik juga.

13. Simple GPS, untuk men track perjalanan kita, tapi saya kurang bisa maksimal memakainya, mungkin kurang paham saja.

14. Simple Spreadsheet. Ini mirip excel di laptop, jadi saya bisa nyatet ini itu dengan aplikasi ini.

15. Adhan Alarm, tiap masuk waktu adzan akan ada alarm berbunyi, bisa sholat tepat waktu.

16. iQuran. Adalah Al Quran digital dengan terjemahan bahasa inggris, yang terjemahan bahasa indonesia saya belum ketemu.

17. Google Sky Map. Ini aplikasi untuk melihat susunan bintang di langit, tinggal kita hadapkan saja hp kearah manapun di atas, maka akan terlihat sesuai dengan yang tampak di hp, misal untuk rasi bintang tertentu, dan ada namanya jadi kita bisa tahu tata letaknya dan namanya.

18. Tricorder. kurang tahu gunanya nih, kemarin tertarik install setelah baca dari blog bennythegreat.

19. SMS Backup. Ketahuan dari namanya, yaitu untuk membackup SMS, asyik kan. karena banyak juga SMS penting yang perlu di backup, misal informasi rekening, SMS yang menjengkelkan, dll.

20. Sniper. Ini adalah game sniper, tapi saya kurang mahir memainkannya.

21. Data Counter. Aplikasi ini untuk me record penggunaan data cellular dan wifi yang saya pakai di HP android saya. jadi bisa ketahuan tiap hari, atau minggu atau bulan, saya memakainya data berapa banyak.

22. MyTrack. Aplikasi ini berbasis googlemaps dan GPS, untuk nge track perjalanan saya. Saya sendiri kurang begitu paham dan familier menggunakannya.

23. Angry Bird. Ini adalah game yang lumayan menghibur.

24. Chess. Mau olah raga otak, main catur saja.

25. Wifi Analyzer, ini adalah aplikasi untuk menganalisa jaringan wifi yang terkuat yang mampir di HP saya.

26. Periodic Table. Saya paling enggak mudeng dengan kimia, dan ini adalah tabel periodik mengenai unsur-unsur kimia yang sangat lengkap. Coba jaman SMA sudah ada android 🙂

27. ElectroDroid. Ini adalah aplikasi yang sesuai dengan bidang saya, yaitu elektro, isinya ada Resistor Code, jadi tidak perlu menghapal warna resistor, tinggal lihat resistor, pencet warnanya di layar sesuai resistor asli yang mau dilihat besaran ohm nya, nah langsung ketahuan hasilnya. Ada Juga Inductor Color Code, Ohm’s Law, Voltage Divider, Resistor series/paralel, Resistor for LED diode, LM317 calculator, Power Dissipation, Batteray Life Calculator. Ada pula macam-macam pin-out, misal USB, Serial, Pararel, Ethernet, HDMI, Video, Firewire.

28. Solo Lite. ini adalah aplikasi main gitar bolong. ada 10 kunci yang bisa ditekan, cukup asyik gitaran dengan android karena tidak perlu bawa2 gitar beneran.

29. Guidance. Ini adalah program aplikasi Hadist, Quran, dll yang semuanya bahasa inggris 🙂

30.  VivaNews, ini aplikasi langsung ke website vivanews.

31. Musical Live. Adalah aplikasi piano dan organ. Jadi sudah seperti main piano saja.

32. GuitarHero 5. Ini game yang saya belum paham bener memainkannya.

33. Talking Tom Free, ini adalah game kucing yang bisa mendengarkan suara kita, lalu menirukannya, semacam merekam saja lalu memutar ulang, tpai lucu banget lho, kucing ini bisa kita beri minum susu, bisa kita tampar dan mengaduh, bisa kita pencet kakinya, tabok perutnya, dan bisa pingsan juga kalau kita tmapar terus. Bisa juga untuk menggaret layar dengan kukunya, lucu tenan pokokmen.

34. CEM. Ini adalah program Magnetic Field Intensity, yatu untuk melihat seberapa besar medan magnet di sekitar kita, dalam satuan micro Tesla 0,2 micro tesla adalah adalah limit yang direkomendasikan, 100 micro tesla kayaknya sangat berbahaya.

35. Boleancalc Demo. Program untuk itung-itung digital logic.

36. Network Info II. Untuk melihat info GSM, Wifi, Bluetooth, Location, IPv6. Yang nyangkut di HP kita. Misal untuk GSM akan keluar info antara lain, operator, country id, MCC+MNC, Net Type (GPRS/EDGE/3G/HSDPA/HSUPA).

37. Cellumap. Hampir sama dengan nomer 36. Tapi ada parameter kuat sinyal dalam dBm yang yangkut ke HP kita.

38. Netmonitor. Ini memakai basic googlemaps, jadi kita akan tahu BTS di daerah mana yang nyangkut ke HP kita, warna hijau dengan nomer tertera didalamnya.

39. Antennas. Ini juga untuk melihat BTS mana yang nyangkut di HP kita, dengan integrasi googlemaps juga. Bisa dilihat dengan pilihat satelit view, jadi bisa kelihatan bener daerahnya dari atas dengan tampilan foto satelit dari google.

40. PistonSpeed. Ini satu satunya aplikasi permesinan yang saya sendiri tidak begitu paham, ada isian Engine Stroke dalam satuan Inchis atau milimeters, lalu ada isian Engine RPM.

ini contohnya.

Engine Stroke = 180 inches

Engine RPM = 9000

hasilnya sbb

Piston Speed FPM = 270000,0 feet/minute

Piston Speed FPS = 4500 Feet/second

Piston Speed MPM = 82296,0 Meters/Minutes

Piston Speed MPS = 1371,6 meter/Second

41. CNLive. ini adalah program televisi streaming, tapi tv china. Ini bisa berjalan kayak youtube. Belum nemu program tv yang lain.

Wah wah wah ternyata banyak juga ya aplikasi yang talah saya tanam di android saya. Memori internal android saya ini kayaknya 170MB, dan dengan berbagai aplikasi diatas, ternyata tinggal sisi 41,96 MB. Android 2.1 Eclair memang belum bisa install di SD Card, yang sudah bisa adalah yang 2.2 froyo, nunggu update 2.2 untuk galaxy 5 saya ini.

Masih tertarik sama BB dan Iphone????? wkwkwkwk.

Tapi jangan lupa, hp android butuh koneksi ke internet, dan saat ini saya langganan Broadband On Request yang kuota 320MB untuk satu bulan dari indosat, semoga saja cukup, karena kalau pengalaman saya kemarin saat belum langganan, saya bisa habisa 10ribuan tiap hari, itu artinya 10MB/hari, sedangkan 320MB untuk 30 hari, sehingga rata-rata sehari 10,6MB. pas kan.

ulanan 2 30 hari Rp 100.000 320 MB ≤ 2 mbps / ≤ 256 kbps Reg Bulanan2 BOR Q4
32 Tanggapan

  1. pokokmen ngguyu ra bar bar pas mbukak Talking Tom Free. Lha kene ngakak, kucinge melu ngakak

    Suka

  2. Wah informasi bagus mas.

    Suka

  3. keren!

    Suka

  4. wah kang hadi ngiming – imingi android nih bikin ngiler ajah, btw lengkap aplikasinya ternyata

    Suka

  5. aku jujur wae tertarik

    Suka

  6. siap2 kantong jebol jilid 2

    Suka

  7. gbrnya ndak ada

    Suka

  8. pengen galaxi tab aja ngumpulin dulu tp saat ini cukup pakai *NORON /N5230,

    Suka

  9. Android kalo jaringan cuma Gprs lemot ga pakdhe?

    Suka

    • kebetulan aku pakai matrix indosat, dirumah dapat EDGE, di kantor dapat GPRS tapi lancar, kalau pake telkomselflash walau dapat EDGE di kantor, tapi rasanya kurang lancar.

      Suka

  10. tetarik BB n Iphone? kagak.. WinMo dulu saja.. Android moga-moga setelah WinMo. hehe
    320 mb kalo pake Android kayaknya 1 bulan bakal habis mas, aplikasinya banyak yg online gitu. apalagi kalo kadang buat modem, aku kemarin 1 gb abis baru 2 minggu :mrgreen: padahal aplikasi yg butuh internet ga sebayak punyane mas Hadi.

    Suka

    • beda lho mas, dipake hanya di HP dan dipake sebagai modem, apalagi kalau pakai Operamini kan irit data, kalau dipake untuk modem jelas jebol.

      Suka

  11. Android? jd penasaran

    Suka

  12. Mas Hadi
    Sampeyan sdh down load Gps speed?

    Suka

  13. android is a racun…
    dan saya keracunan… -_-‘
    *marimenabung

    Suka

  14. Jadi pengen punya android… 🙂

    Suka

  15. saya tertarik banged android OS.. tapi ada yang bikin ragu meminangnya.. OS ini seperti belum ‘sempurna’ ..terus keluar update yang memperbaiki versi sebelumnya…

    Suka

  16. kpngin aq tp regane piro mas?

    Suka

  17. masbro galaxy 5 kalo dah banyak app gitu jadi lemot nggak? Nyoba yang baru sih kuenceng systemnya.
    Bingung nih pilih xpr X8 apa glx 5 ya, harganya sama sih.
    masbro nggak nyoba koneksi unlimited, tarifnya sama ama yang lagi dipake masbro, tapi dari operator sebelah he3x.

    Suka

  18. klo gitu, nunggu samsung g Tab turun harga aja 😀 empat tahun lagi hehehe

    Suka

  19. […] aplikasinya, jadi tinggal ditambahkan email kamu ke aplikasi gmail. Kalau yahoomail harus download aplikasi yahoomail for android lalu tambahkan email yahoo kamu ke aplikasi yang sudah terinstall. HP android ini mirip BB, karena […]

    Suka

Silahkan memberi komentar

