Tentang Push e-mail android


Dahulu kala saat saya barusan lulus kuliah dan nyari-nyari kerja, maka e-mail amat penting bagi saya, setidaknya yang saya ingat saya pernah dapat email panggilan kerja dari indosat dan siemens saat itu (saya gagal masuk kerja di keduanya 😀 )

Samsung Galaxy 5

Saat dulu saya pakai kartu mentari satelindo (sebelum dicaplok indosat), pernah ada juga fitur di kartu mentari yang bisa melaporkan via SMS bahwa saya mendapat email, saat itu email saya yahoo. Tapi fitur ini lantas mati, tidak tahu kenapa, mungkin orang indonesia memang saat itu belum begitu butuh push email. Bahkan mungkin sampai saat ini sebenarnya juga enggak butuh-butuh amat push email.

Saat era push e-mail hadir, saya justru sudah tidak begitu butuh push email, karena saya sudah punya laptop dan saya bisa ngecek email ketika saya online, minimal sehari sekali pasti online lah.

Nah ketika saya enggak begitu butuh push email, maka ketika saya mempertimbangkan untuk beli smartphone maka jelas pilihan saya bukan kepada BB, tetapi kepada android, yang menurut saya saat itu HP ini support semua layanan dari google, terutama layanan Youtube dan googlemaps lah yang membuat saya lebih tertarik pada android. sebenarnya hanya butuh kartu selular dengan layanan data unlimited saja sebagai syarat utama di hp android, untuk urusan muter lagu dan film tinggal puter live streaming via youtube. Sebagai biker, jika turing tinggal mengaktifkan GPS saja. well done.

Ketika rame-rame pada meributkan BB, saya sendiri malah tertawa, bukannya meributkan gak bisa push email, tapi malah mayoritas ribut gak bisa BBM, glodak…. Jadi jelas kan fasilitas push email di BB banyak mubazirnya.

Untuk membuktikan bahwa android saya bisa push email, maka emapat account Gmail saya masukkan semua di aplikasi Gmail android saya, ada email yang nampung notifikasi facebook, ada yang nampung twitter, ada yang nampung notifikasi blog, dan ada email biasa untuk komunikasi. Jreeennnggg semua bisa bekerja dengan baik, keempat email tersebut saya beri ringtone yang beda-beda, jadi saya tahu kalau ada ringtone A, maka account email A yang masuk, jika ringtone B, maka account email B yang masuk dan seterusnya.

Ini masih saya tambah dengan email yahoo dan email microsoft exchange untuk push email kantor saya. jadi total ada 6 email yang saat ini aktif di android saya, eh masih ada satu, ternyata kalau ada message di facebook saya, maka juga bisa langsung push juga.

Untuk membuktikan ketangguhan push email android, kemarin saya coba email emailan dengan Jomblo Ati yang menggunakan BB, dan its okay android saya bisa mengimbangi push email BB.

Sebagai blogger, maka sekarang ini layanan push email Gmail di android saya, sangat bermanfaat, saya bisa langsung tahu ketika ada komen masuk, saya bisa langsung membacanya di email, bahkan langsung bisa membalasnya di Gmail juga, dan balasan itu langsung direct ke wordpress. Kemarin sempat kecolongan ada kata-kata porno yang lolos ke koment, untunglah saya karena saya bisa langsung baca di android, maka langsung saja saya DEL komen yang sempat lolos tersebut.

Agak menyimpang sedikit dari push email, untuk messengeran maka cukuplah pakai YM, Gtalk, facebook, bahkan sebenarnya dengan SMS pun di android serasa messengeran, karena untuk SMS dari nomor yang sama akan ditampilkan semuanya dari awal sampai akhir, untuk diketahui saja, saya dengan Al Rozi telah 160 kali SMS dan ini SMS terbanyak dengan member KOBOYS, dan itu semua tampil, sehingga ceritanya bisa nyambung.

Tentu masih pada ingat fenomena Nokia Comunicator kan, pada bela-belain antri beli, anggota dewan dan bisnisman kala itu enggak lengkap kalau enggak pakai. Fenomena itu menurut saya sekarang beralih ke BB.

Oke deh tulisan ini hanya untuk berbagi dan mungkin bisa membantu bagi yang bingung mau pilih android atau BB, keputusan tetap ditangan anda.

** my next dream android >>> galaxy tab/xperia arch/motorola tablet

Iklan

23 Tanggapan

  1. Setuju…android pancen oye..
    Blekberi is so yesterdei..

    Btw inget blekberi jadi kebayang kaleng biskuit (blek) ditaruh diatas nampan (beri)

    Suka

  2. like this
    bulan ini target nyusul pake android

    Suka

  3. pengen nyobaiin,.nie,..cpt ga ya??

    Suka

  4. baterene jadi boros ga mas? batere hpku boros banget je kalo aktifin push mail gitu, padahal cuma 3 akun thok.. standarnya tahan 1,5-2 hari jadi ga ada sehari udah minta dicas. 😦 alhasil sekarang tak matiin, pake cara manual saja..

    Suka

  5. Saya tergoda samsung galaxy 551 😳 :mrgreen: sayangnya belum ada dana buat beli hp baru 😦
    http://www.teknoup.com/mobile/review/648/samsung-galaxy-551/

    Suka

  6. tergantung sih, buatku mau bb,android,nokiem hanya sebuah alat….gak ada semuanya juga gak masalah.semuanya hanya barang buatan manusia tidak lebih tidak kurang…

    Suka

  7. ane juga mau beli android
    samsung galaxy 5 bagus ga boss?

    Suka

  8. optimus one dah lebih dr cukup 😀

    Suka

  9. pengen android juga,tapi sekarang masih setia ma nokia 7710 touchscreenq,masih mantap pancen oye…

    Suka

  10. setting push email di WinMo saya juga mudah & lancar…. cuman karena WinMo terkenal rakus daya…. manual aja dah.. pull E-mail.. :mrgreen:

    Suka

  11. untuk soner bujur, eh busur, tunggu di bulan April pak kepala suku 🙂

    Suka

  12. […] android lalu tambahkan email yahoo kamu ke aplikasi yang sudah terinstall. HP android ini mirip BB, karena bisa push email, artinya begitu ada email baru masuk, maka langsung nongol […]

    Suka

  13. caranya gimana ya bos push to emailnya, saya mentok bisanya pull to email tuh, jadi di cek otoamtis setiap beberapa menit gak bisa dpt email langsung terima.
    pakenya samsung galaxy mini.

    Suka

    • download aplikasi ymail lalu registrasikan email anda.

      utk gmail sudah ada bawaan android. gmail bisa banyak accout. misal punya 4 account gmail, semua bisa daftarkan di aplikasi gmail android. maka push email akan langsung jalan.

      jangan lupa koneksi harus ON terus, kalau mau irit batre maka pakai GPRS saja.

      Suka

  14. thanks…infonya sangat membantu..sy sekarang jg pake galaximini…emang sampe sejauh ini cukup mantap…cuman agak boros batere..

    Suka

  15. pak kalo mau setting microsoft exchange untuk email kantor saya gimana settingnya ya? saya pakai galaxy mini

    Suka

  16. Itu bukan push mail melainkan pull mail yang di sync secara periodik shg mirip push mail :). push mail yang bener tidak ada synch secr periodik, synch dipush dr mail server ketika ada incoming mail untuk account tsb. bila tdk ada email maka tdk ada sync

    Suka

  17. BB atau Android itu punya fungsi dan pasar yang berbeda. Thn 2004 saya sdh pakai BB, karena tertarik push email nya. BB itu untuk Close User Group, dan secure communication. Android cocok bagi orang yang suka jelajah dunia maya, termasuk Hobiest yang suka develope S/W aplikasi dan multimedia atau yang hobi bikin controller termasuk robot dsb. iPhone banyak aplikasi sofware yang tinggal pakai dan cocok untuk multimedia dan juga orang yg. hobi develope controller dan musik. Saya sendiri punya BB, Android dan iPhone karena memang saya hobi ngoprek juga.

    Suka

  18. Two thumb up to android… masa depan teknologi ada di open source…

    Suka

  19. nanya dikit Mas, untuk mekanisme push email dari androidnya bisa dcritain ga???? thaks

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: