Kearifan lokal : Beli Yamaha Mio pun syukuran dan selamatan


image

Jam 20 tadi satpam pengganti datang untuk dinas malam, dan beliau membawa nasi kenduri, lalu cerita bahwa sebenarnya masih ada satu acara lagi yaitu Syukuran dan selamatan tetangga yang membeli Yamaha Mio.

Agak heran dan kaget juga saya mendengarnya, karena biasanya yang ada acara sukuran dan selamatan itu kalau membeli sapi baru, karena hampir tiap rumah di Patuk Gunungkidul dekat pemancar, para penduduk mesti pada pelihara sapi.

Inilah salah satu kearifan lokal, yang jelas segi positifnya ya bagus lah punya barang baru disyukuri, ngundang tetangga biar ikut seneng, ikut mendokan, tidak membuat iri tetangga.

Kalo kang bonsai beli diavel, baru saya iri πŸ˜€

Balik ke syukuran mio, bentuknya adalah membuat SEGOGURIH dan dibagikan ke tetangga.

Oh ya sebagai catatan untuk marketing yamaha dan kompetitornya, entah kenapa, di gunung ini yamaha lebih laku πŸ˜€ Mungkin suatu saat saya bikin penelitian untuk hal ini.

 

27 Tanggapan

  1. lah…sama kayak tempatku diklaten!! bagus sih asal pure niat sukuran tapi kalo niatnya pamer…yo mbuh!!!

    Suka

  2. kalo di kampung saya biasanya kalo pindah rumah/masuk rumah baru… baru deh ngadain syukuran skalian kenalan karo tonggo2.. opo yo istilahe.. slusuban nek gak salah..

    Suka

  3. klo mnrt sy sih org2 yg asli di sekitar gn kidul rata2 orgnya msh polos dan cenderung lugu

    Suka

  4. wah apik apik apik apik
    yen tuku Starlet piye??????

    Suka

  5. insya Allah mionya awet dan berkah πŸ˜€

    Suka

  6. smoga slamet slkamet mungkin itu tujuannya kali ya gan

    terbaru
    http://moy17.wordpress.com/2011/03/13/inilah-suzuki-thunder-150/

    Suka

  7. weh, jauh-jauh sampe sono, lha wong beli fxr kemarin aja simbok bikin syukuran sego gudhang kok πŸ™‚

    Suka

  8. Sama tempatku plus belinya pake itungan hari jg..

    Suka

  9. apik-apik

    Suka

  10. luwih payu karena ban-ne cilik, dalan nanjak luwih kuat mas dab..koyo jamane vespa ndisik..

    Suka

  11. amazed… πŸ˜€

    Suka

  12. jarang melihat hal seperti itu… perlu di tiru mas…. selalu bersyukur pada sang pencipta….

    Nitip Jemuran Mas :

    Awas setan kredit selalu menghantui… Waspadalah…….

    http://joetrizilo.wordpress.com/2011/03/14/pilih-mana-ya-beli-sepeda-motor-baru-dg-kredit-ato-bekas-tapi-cash/

    Suka

  13. kalo d situbondo, motor or mobil baru pasti d mandiin kembang sblum dpake

    Suka

  14. WΓΆng nggon jg msh byk yg kenduri gt lo beli mtor, ntah kinyis2 ato rondo.

    Suka

  15. biasane niate apikpak

    kenpa yamaha laris di gunung kidul :

    calon milyader kayanya dari gunung kidul pak.cmiif

    Suka

  16. klo dibrebes malah klo beli motor ada tradisi nyebar recehan sama nginjek telor…:D

    Suka

  17. wah tempo hari saya juga diundang tetangga bancakan / selametan baru beli mio bekas,

    Suka

  18. Hehehe…lucu jg. Mungkin slamatan itu punya tujuan supaya mio nya diberkahi dan tidak mencelakakan pengendaranya…

    Suka

  19. sama Mas,di daerahku juga klo bli motor syukuran,bahkan motore di gebyur air kembang tujuh rupa!!!

    Suka

  20. amin didoain beli diavel

    Suka

  21. langgeng ing budoyo kapribaden ketimuran

    Suka

  22. sami mas.kampung kulo wonogiri.nek tumbas motor mesti dibancai.niate berbagi kebahagiaan dan mensyukuri rizki yg telah diberikan

    Suka

  23. nek nggonku wonogiri pase tawang sari,kondangan sego setampah karo kembang setamanan,nek bar kembange di siramne spedane.
    Ben slamet trus syukur karo Gusti Allah.

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: