android, gmail, factory reset, data dan card memory


Sekarang saya ingin berbagi sedikit ilmu tentang android lagi. Ini adalah hal mendasar yang harus dipahami dan dilakukan oleh pemakai android.

Pertama tentang akun gmail. misal : hadiyanta@gmail.com
Pada dasarnya karena android ini Operating System buatan google, maka memang wajar jika google menuntuk pemakai terintegrasi dengan login memakai akun gmail, jadi kalau anda punya hp android, maka harus punya akun gmail untuk didaftarkan ke OS android. Jadi saat beli hp masih baru belum pernah dipakai orang, lalu anda memasukkan simcard selular, memang tidak disuruh masukkan gmail, tapi begitu anda sentuh MARKET untuk mengunduh aplikasi untuk memperkaya dan mendayagunakan hp android, nah disinilah diminta memasukkan akun gmail, ya sudah tinggal login saja dengan akun gmail milik anda jika sudah punya, atau langsung bikin baru di hp android. mudah bukan.
Anda bisa menambahkan beberapa akun gmail lagi, jadi misal saya ada 4 akun gmail, yang pertama akun inti yang terintegrasi dengan android, sedangkan tiga yang lain saya gunakan untuk notifikasi facebook, wordpress dan twitter. Semuanya push email 😀 alias langsung datang seperti sms saat ada email baru.

Apakah jika ganti simcard selular harus ganti akun gmail primer yang terintegrasi di android?
Jawabannya tidak perlu, anda hanya perlu masukkan password akun gmail anda. Jadi gonta-ganti nomer atau kartu hp bukan menjadi kendala di hp android.

Mungkin hal berbeda jika anda gonta-ganti kartu dan handset BB, karena berkaitan dengan PIN.

Apa itu FACTORY RESET?
jika anda mau bertukar HP atau mau menjual HP, maka anda harus melakukan FACTORY RESET, dari menu SETTING>PRIVACY>FACTORY RESET. Langkah factory reset ini akan menghapus semua data-data yang ada di HP, tetapi data di card memory tidak terhapus. Setelah factory reset, maka hp android jadi perawan lagi, kondisinya seperti hp saat beli dulu, semua aplikasi yang pernah di download juga terhapus, tetapi data aplikasinya yang disimpan di card memory aman.

Mari lebih mendalam tentang APLIKASI.
Aplikasi di hp android bisa didownload yang kebanyakan gratis di MARKET. Ada dua aplikasai yang saya sarankan wajib diunduh. Saya download aplikasi SMS BACKUP 7 RESTORE, fungsinya untuk membackup semua SMS, dan backupnya disimpan di card memory, sehingga nanti saat kita FACTORY RESET, bisa kita balikin lagi, caranya download lagi aplikasi SMS & BACKUP RESTORE, lalu kita panggil file backup di card memory, lalu tinggal restore, maka semua SMS balik lagi 😀

Begitu pula lakukan download CONTACT BACKUP & RESTORE, yang gunanya untuk mem-backup semua kontak nomer HP, email, dll. Nantinya saat ganti HP atau hp di FACTORY RESET, maka tinggal download lagi aplikasinya lalu restore, maka semua kontak balik lagi. Mudah kan.

Demikian sedikit pengalaman dasar memakai android, semoga berguna, jika masih ada perlu diperjelas monggo saja kirim pertanyaan ke email saya : hadiyanta@gmail.com

Insya Allah akan segera saya balas.

Iklan

6 Tanggapan

  1. biar lebih asyik lagi jangan lupa mas..
    1. Root HH.
    2. Instal Xrecovery untuk recovery systemnya 🙂
    3. Partisi SD card dan instal Links2sd biar kalau factory reset aplikasi tidak hilang 😉

    Suka

  2. Nais inpo mas..
    maklum nubie dlam hal android mas..

    Suka

  3. nice info buat pengguna robot ijo

    Suka

  4. wah sip…

    Suka

  5. mumet

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: