Naik Haji? Perlu perhitungan dan niat yang kuat


Berhubung sekarang lagi musim haji, saya ucapkan selamat untuk yang naik haji, dan yang sudah baca-baca postingan saya tentang tata cara mendaftar haji, lalu naik haji, mohon kiranya saya titip doa agar kelak saya sekeluarga dipanggil Allah untuk berHaji. Amin
Tata cara mendaftar haji

Kenapa saya tulis naik haji perlu perhitungan, juga niat yang kuat, dan tentu saja yang paling penting merasa terpanggil dan dipanggil Allah untuk naik haji.

Perhitungan yang paling pokok tentu di umur dan antrian di kabupaten anda masing-masing. Contoh di Sleman jika tahun 2011 mendaftar, maka tahun 2019 baru bisa berangkat, ini kalau antri tertib dan tidak curang. Mau naik haji kok curang ya. Setelah tahu hal tersebut tentunya kita bisa berhitung kita mau naik haji pada umur berapa? taruhlah umur 50 tahun, itu artinya paling tidak saat umur 40 tahun harus sudah daftar haji, dengan biaya pendaftaran saat ini yang Rp 25juta per calon jamaah haji agar dapat nomor antrian, maka untuk suami istri harus punya uang cash Rp. 50juta saat umur 40 tahun, hal ini tidak dapat diganggu gugat, karena memang sudah aturan, kecuali anda punya uang lebih dan bisa ambil ONH Plus yang sepertinya biayanya dua kali lipat dari ONH biasa lewat pemerintah. Jadi sungguhpun tidak masalah tapi mendaftar haji saat anda pensiun, itu artinya umur 60 tahun, maka dengan antrian yang makin panjang, bisa jadi saat umur 70 tahun anda baru bisa berangkat, umumnya fisik orang seumuran 70 tahun tentu sudah ringkih. Atau malah sudah dipanggil oleh Allah, alias meninggal. Umur manusia hanya Allah yang menentukan.

http://hadiyanta.com/2011/06/01/tata-cara-membatalkan-haji-karena-meninggal/

Naik haji juga tidak cukup biaya ONH nya saja, tapi di jogja dan sekitarnya perlu anda perhitungkan biaya lainnya yang sebenarnya kalau dipikir-pikir ya tidak perlu, misal pamitan haji dengan tetangga, misal ngundang 500 orang tetangga dan teman, taruhlah biaya makan minum Rp. 15.000/orang, maka sudah Rp. 7.500.000 belum mungkin sewa tenda dll bisa jadi uang 10 juta habis untuk pamitan. Terus nanti biaya untuk saat hari H, lagi-lagi ngarak keluarga ke DONOHUDAN SUKOHARJO untuk yang berasal dari Jogja, ini biaya lagi, mungkin 3 juta habis. Lalu saat pulang haji, juga ada acara lagi, dan beli oleh-oleh untuk yang pada menjenguk, mungkin 10juta juga habis. Seru kan.

Jadi totalan berapa ya?
ONH berdua 35juta dikali 2 = 70juta. Ditambah biaya pamitan dll 15juta-20juta untuk dua orang, jadi kira-kira 80juta-90juta total habisnya.

Bagi yang memang ekonominya mampu diatas rata-rata, mungkin bukan masalah, tapi bagi pegawai yang gajinya sudah rutin itu-itu saja, tentu saja ini perlu perhitungan yang matang.

Jadi monggo yang mau naik haji segeralah diperhitungkan waktu pendaftaran, dana yang harus disediakan sekarang, dan dana yang harus dilunasi serta harus ada saat mau berangkat dan saat sudah pulang lagi.

Naik haji itu rukun terakhir, jadi seharusnya keempat rukun islam sebelumnya harus disempurnakan, terutama tentunya sholat jangan bolong dan jangan cuma sholat wajib saja, Puasa ramadhan wajib hukumnya, puasa sunah jangan lupa dikerjakan, Zakat juga jangan lupa, masak mau berhaji lupa zakat atau memanipulsai zakat atau pajak misalnya. Labih afdol mungkin harus lancar baca quran, dan sedikit tahu atau malah mahir bahasa arab.

Semoga bermanfaat.

Iklan

3 Tanggapan

  1. niat ane dah banyak,,,,,,,,nabung

    Suka

  2. niat yg tulus, kerja keras, nabung, berdoa, sedekah yg banyak. InsyaAllah diijabah 🙂

    Suka

  3. amin. . . .
    nice info mas. . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: