Tata cara pajak motor yang lima tahunan ganti plat nomer


image
Jujur saya paling males kalau pajak motor, jadi selama ini cuma nitip saja, lagi pula memang harus meluangkan waktu untuk antri dll.

Tetapi kemarin saya bertekad mau mencoba pajak sendiri Motor Honda Supra Fit saya, hitung-hitung mencari pengalaman sehingga bisa saya bagikan di blog ini 😀

Pertama, jelas difoto kopy dulu KTP pemilik, BPKB dan STNK, cukup satu lembar saja.
Kedua, datang ke SAMSAT masing-masing kabupaten, dan langsung menuju CEK FISIK untuk di cek nomer rangka dan nomer mesin, disini saya bayar Rp. 10.000 untuk blangko, dan saya beri Rp. 6000 untuk petugas yang esek-esek.
Ketiga, menuju loket-loket yang ada di samsat, karena baru kali ini, maka saya bersikap tenang dan pasang tampang yakin saja, sambil lihat papan petunjuk loketnya.
Di loket pertama saya bayar 80.000
Di loket kedua saya bayar 155.000
Selanjutnya tinggal tunggu panggilan STNK jadi, tapi sayangnya PLAT NOMER jadinya tanggal 23 Desember 2011. Harus wira-wiri habisin bensin dan waktu.

semua proses diatas makan waktu satu jam.
image

image

image

image

image

image

image

Oke

11 Tanggapan

  1. ooo gitu oom,itu mbayar tukang gesek seiklasnya ato ada tarif tersendiri oom!?

    Suka

  2. Mudahkan kang :mrgreen:

    Suka

  3. lho?!? Jadinya kok lama? Aku dulu langsung jadi…

    Suka

    • alasannya bagian produksi keteteran. harusnya dibikin lembur barang 3 hari kan sudah terkejar, selanjutnya normal.

      Suka

  4. wah, share pengalaman menarik mas

    Suka

    • iya mas, kudu pasang tampang yakin, kalo bingung duduk saja amati dulu suasana dan loket yang tersedia, calo dah ngusel-ngusel nawarin jasa 😀

      Suka

  5. thanks mas infonya..
    lagi mau bayar pajak 5 tahunan ni 🙂

    Suka

  6. kalau sama balik alamat dan pajak 5 tahunan ganti plas gimana mas?mohon informasinya

    Suka

Silahkan memberi komentar

