ketika bbm dilepas untuk android dan ios, apa yang kira-kira terjadi?


tadi malam dapat kabar dari link teman-teman via whatsapp bahwa bbm akan dilepas bebas dan gratis untuk ios dan android. Sejatinya saya sudah tidak kaget, setelah kemarin sempat baca-baca bahwa untuk bb yang baru tidak perlu lagi langganan BIS atau apa itu, artinya cukup langganan data seperti android, misal langganan data unlimited Rp. 50.000/bulan, maka sudah bisa memakai BBM dan data (semoga saya tidak salah persepsi).

Padahal baru setengah bulan ini saya aktifkan bbm saya dengan kartu smartfren, karena ada paket Rp. 60.000/3 bulan, hanya bbm saja.

Saya optimis nanti bbm bisa banget menggusur sebangsa whatsapp, line, kakau, wechat dll, bagaimanapun bbm adalah pionir dalam hal messenger yang enak dan mudah dipakai. Dan sudah terbentuk environment BBM yang luas dan fanatik. Saya kemarin memang sempat fanatik pakai whatsapp, gak mau beli bb, tetapi akhirnya saya mengalahkan ego saya dan beli BB, yach paling enggak saya bisa merasakan sendiri bagaimna sih bbm itu, sehingga saya bisa menulisnya dengan obyektif.

Banyak juga teman-teman saya yang pakai bb lalu mereka install whatsapp juga, sehingga bisa messengeran dengan saya yang pakai android. Jadi saya kira yang sudah pakai BB untuk BBM juga menganggab biasa saja hal ini, karena mereka nyatanya juga sudah install messenger lain di bb nya.

Menurut saya, pasti yang punya hp android akan mencoba install bbm di androidnya kelak. Tentu saja android yang sudah ICS keatas. Dan bisa dibayangkan akan makin meraksasa pengguna bbm ini kelak. Semoga bb siap dengan servernya sehingga tidak ngadat saat diserbu oleh pemakai android.

Menurut saya memang sudah waktunya bb jualan aplikasi bbm, tanpa bundel dengan bb nya (perangkat HP nya), ini akan memberikan peluang lebih besar pada bb, malah bb bisa lebih fokus pada servernya dan pada layanan bbm, tidak perlu berjuang pusing pusing jualan HP BB.

kalau boleh saya usul tagline sih : apapun HP kamu, pakailah bbm.

Entah bagaimana besok proses invite dan pemberian PIN bagi android yang install bbm, mungkin registrasi dengan email dengan kombinasi nomer HP, atau bagaimana, sungguh penasaran juga saya.

Untungnya saya punya HP android andromax-i yang dual kartu GSM CDMA, sehingga mungkin besok saya juga beralih bbm via andromax-i, atau tetap pakai bb.

Sebenarnya ribet juga kalau pakai satu hap harus bbm dan ngenet aktif sekaligus, kayaknya pilihan punya bb yang hanya bisa bbm dan sekaligus punya HP android yang untuk internetan, adalah pilihan yang realistis.

maka tidak heran jika BB meluncurkan bbm murah, Q5 kalau tidak salah, nantinya semua orang bisa bbm dengan murah dan meriah.

Layak ditunggu.

19 Tanggapan

  1. yg terjdi adalah bisa BBM dengan android :mrgreen:

    Suka

  2. bisa BBM an sambil maim angry bird & game 3D, ssh & telnet buat cek server tatkala mudik :mrgreen:

    Suka

  3. mampu menghandle ga ya server BB nya kalau jumlah user BBM melonjak pesat, secara dg yg ada skrg saja tidak jarang down

    Suka

  4. kamikaze

    Suka

  5. Kalo hp saya tetap pake nokia jadul, untuk whats app, facebook, buka blog pake tab

    Suka

  6. […] ketika bbm dilepas untuk android dan ios, apa yang kira-kira terjadi? […]

    Suka

  7. Ini bukannya isu udah dari kapan tau ya…tapi gak jadi2…..yg jelas kalo sampe lepas dan bener2 cara pakenya kaya bbm tinggal pake no hp atau pin kemungkinan besar gak ada yg beli BB lagi….

    Suka

  8. Kalau semua orang pake android untuk bbm-an, blackberry dapat untung dari mana?

    Suka

    • Google dpt untung dari mana?

      Suka

      • google dapat dari iklan
        oh, i see . . . jadi bb nanti jualan iklan juga lewat fitur bbm itu? bagus juga, dengan pengguna yang jutaan itu, pasti banyak yang berminat untuk pasang iklan.

        Suka

  9. kalo jadi bbm dijual ke os lain (anggeplah begitu) ane bakal sukurin orang2 yg petentang petenteng megang BB buat gaya doang tanpa tau fungsinya wkwkwk..
    lha android juga bisa BBM pasti bakal matilah pasaran BB.
    orang2 pada beralih ke android yg lebih fleksibel.

    Suka

  10. BBM,
    awal nya digunakan para teroris, ini klo saya gak salah denger info. krn pengamannya sangat ketat.
    jika saia pribadi menggunakan BBM dr axis.
    untuk bbchat only 17900/ 30 hari.
    untuk full service tanpa email dan tanpa YM 30rb/30hari (hanya email dr bb ).
    mantabnya lg axis kasih free sms dan telp sesama axis stlh axis di paket kn ke BBM.

    Suka

  11. Jika benar,apakah di hp nokia ada?

    Suka

    • Nokia saya pastikan tidak bisa krn nokia tidak mau memakai OS ANDROID.
      Nokia pakai os windows

      Suka

  12. apa gan aplikasi bbm buat android

    Suka

  13. Aplikasi BBM untuk Android dan iPhone Sudah tersedia?

    http://duniabudin.blogspot.com/2013/05/aplikasi-bbm-untuk-android-sudah.html

    Suka

  14. pa bner tu gan,,,,,??????

    Suka

Silahkan memberi komentar