jika punya uang 50 juta, untuk daftar haji sekarang atau dibelikan emas logam mulia ?


Saya pernah menulis disini

http://hadiyanta.com/2013/05/01/harga-bbm-harga-emas-demo-buruh-upah-buruh-dan-uang-kertas-apa-hubungannya/

Saya mencoba balik ke tahun 2001 bulan november, yaitu saat anak pertama saya lahir, diberi hadiah sepasang anting oleh simbahnya, seberat 1/2 gram dan harganya adalah Rp. 39.000,- jadi perhiasan emas saat itu adalah kisaran Rp. 78.000/gram. Kalau emas murni logam mulia yang batangan tentu harganya lebih mahal, sepertinya dikisaran Rp. 85.000/gram. Dan siapa kira hari ini emas LM harganya kisaran Rp. 513.000/gram

=========================================================================================

sumbernya disini http://bisnis.liputan6.com/read/612316/harga-emas-antam-terus-bertengger-di-rp-513-ribu-selama-5-hari

oleh Nurseffi Dwi Wahyuni

Posted: 14/06/2013 09:09

Berikut daftar harga emas yang dirilis Antam, pukul 08.06 WIB:

* Pecahan 1 gram Rp 513.000
* Pecahan 5 gram Rp 2.420.000
* Pecahan 10 gram Rp 4.790.000
* Pecahan 25 gram Rp 11.900.000
* Pecahan 50 gram Rp 23.750.000
* Pecahan 100 gram Rp 47.450.000
* Pecahan 250 gram Rp 118.500.000
* Pecahan 500 gram Rp 236.800.000

==========================================================================================

Jadi dari tahun 2001 sampai tahun 2013 alias 12 tahun, harga emas lipat 6 kali. Itungannya sbb : 513.000/85.000 = 6 lebih sedikit.

Sekarang mari ke pokok persoalan. Jika misal saya punya uang 50juta, maka saat ini saya bisa mendaftar untuk naik haji berdua dengan istri, karena untuk satu orang calon haji harus setor 25juta, maka untuk dua orang kudu setor 50juta. Tapi antrinya di SLEMAN, yang saya terakhir dengar sudah 13 tahun, mungkin sekarang sudah 15 tahun dan tadi ada berita kuota haji untuk Indonesia disunat 20%, itu setara 42.000 calon jamaah haji batal berangkat tahun ini, padahal mereka sudah melunasi ONH tahun 2013 ini. Ini berarti pula antrian makin mundur saja, makin lama. Kalo umur saya sekarang 40 tahun, dan harus antri 15 tahun, maka pada umur 55 tahun baru bisa berangkat haji. Masalah besar untuk yang umur 50 tahun baru bisa daftar, maka umur 65 tahun baru bisa naik haji. Sudah tua, sudah tidak sehat secara fisik, walaupun memang naik haji juga urusan kita sama Allah, bisa saja yang usia tua diberi kemudahan saat berhaji, sehingga sehat dan bisa menunaikan semua rukun haji. Tapi secara itung-itungan manusia biasa, umur 65 keatas jelas bukan pilihan bijak untuk menunaikan haji.

Masalah timbul lagi bahwa pada saatnya nanti tiba giliran naik haji, misal antri 15 tahun dari sekarang, maka jangan bayangkan ONH nya adalah kisaran 35juta seperti saat ini, bisa jadi lipat 2 atau lipat 3, misal lipat dua maka menjadi sekitar 70juta, padahal kita baru bayar 25juta, ini artinya saat tahun 2028 kita harus melunasinya dengan membayar 45 juta. Apakah kita tahu hal ini apakah kita sudah menabung  15 tahun kedepan sehingga punya uang 45juta untuk melunasi ONH kita?

Okelah sekarang berpikir lain, bagaimana kalau uang 50juta sekarang ini kita belikan Logam Mulia saja (emas batangan bersertifikasi), contoh emas antam. Maka dengan uang 50juta, saat ini kita bisa membeli 110 gram emas antam. Artinya Rp. 454.545/gram harga LM saat ini.

Kalau limabelas tahun lagi kita kalikan 6 saja kenaikan harga emas, maka Rp. 454.545/gram X 6 = Rp. 2.727.272/gram.

Maka tahun 2028 dengan menjual emas 110 gram, akan mendapatkan uang Rp. 299 juta.

Andai tahun 2020 perkiraan harga emas lipat tiga dari sekarang berarti menjadi Rp. 1.363.636/gram X 110 gram = Rp. 149 juta. Andai tahun 2020 ONH nya 70juta per orang, maka malah bisa untuk naik haji dua orang saja masih sisa 9 juta. Padahal tahun 2013 hanya bisa untuk daftar dua orang saja dan masih kurang , karena tahun 2013 ONH nya adalah 35.000/orang.

———————————————————————————————————————————————————————-

baiklah ini versi lain, kalau misal uang 50 juta ditabung di bank, misal bunga per bulan 500.000/bulan,  maka dalam satu tahun sbb  12 bulan X Rp 500.000 = Rp. 6juta

kalau 7 tahun berarti 7 tahun X 6 juta = 42juta. 

jadi tahun 2020 uang yang terkumpul kisaran 50juta (pokok) + 42 juta (bunga) = 92 juta.

kalau ditabung emas LM padahal 149juta pada tahun 2020. 

149juta – 92juta =57juta lebih banyak jika ditabung dalam bentuk LM 😀

Semoga bisa mencerahkan, walaupun ini perlu dibuktikan tahun 2020 kelak.

———————————————————————————————————————————————————————–

Baiklah besok tahun 2020 tulisan ini kita lihat, atau nanti tiap bulan atau tiap tahun saya update dengan perhitungan harga emas LM saat itu. Tulisan saya diatas tidak ada saya ubah dan edit.

Iklan

13 Tanggapan

  1. buat beli ninja 250 😀

    Suka

  2. buat usaha aja mas, LM sekarang sudah pada titik jenuh, kecuali nanti rupiah melemah lagi terhadap USD.
    Yang bakal terus dicari orang karena merupakan sumber energi adalah emas hitam, alias minyak bumi, kacuali ditemukan energi alternatif.
    saran saya buat beli properti saja, misalnya tanah yang strategis, semoga mencerahkan

    Suka

  3. maap mohon pencerahan…. misal 12 tahun lagi duit cukup sesuai hitung2an itu, apa bisa langsung berangkat tanpa ngantri?

    Suka

    • bisa ikut ONH plus bro …, memang lebih mahal tp lebih pasti berangkatnya. disana lebih khusuk ibadahnya karena lokasi penginapan lebih dekat mesjid, makan terjamin. tidur lebih nyaman. Biayanya ?? dari jual emas yang harganya lebih stabil.
      dari zaman nabi … harga kambing selalu sama (dalam mata uang dinar/dirham yang terbuat dari logam emas/perak)

      nilai uang kertas akan selalu turun … 1 juta sekarang akan beda nilainya dengan 1 juta 10 tahun mendatang. berbeda dengan emas.

      Suka

      • wah.. onh plus sekarang aja 80an… atau setara emas 175 gram… jd kalau punya duit 50 sekarang mending beli emas atau daftar haji nih?
        #balik lg ke judul 😀

        Suka

  4. kalo ane logis pilih haji dulu ah, itungan ane makin lama makin banyak orang yg mau haji, sedangkan kuota haji ya segitu aja, walopun nambah juga gak banyak.
    lagian orang nganri haji itu betahun-tahun cuma buat ngantri doang, gondok tuh. pikiran gak tenang selama ngantri itu kalo dihitung harganya berapa? nah itulah..

    Suka

  5. daftar alakadarnya hanya sbg tanda ngantri,sisanya beli emas.

    jangan biarkan uang nganngur di tabungan, belikan emas atau tanah.

    Suka

  6. daftar haji aja, kalau udah niat insya ALLAH ga akan menyesal. perkara itu uang jadi mengendap dan keuntungannya ga bisa kita nikmatin itu biar ALLAH yang mengurusnya.

    Suka

  7. bulatkan tekad, kuatkan niat. Insyaallah, meskipun belum berangkat, pahala sudah masuk rekening amal panjenengan mas. Beli kapling di surga 50jt, murah itu.

    Suka

  8. buat daftar haji mas Bro…
    insya Alloh nanti malah pas waktunya berangkat anak udah dewasa dan tingkat kemapanan ekonomi lebih kokoh
    seperti tetangga saya pas dapet rizki, waktu itu blm punya rumah. antara mau beli rumah apa daftar haji, akhirnya daftar haji duluan…ee…haji belum berangkat, malah rumah udah berdiri. alhamdulillah haji dapet, rumah dapet.

    Suka

  9. tabung di prudentisal aja mah, 50 juta 10 tahun bisa jadi 250 juta plus tunjangan kesehatan, plus tunjangan kecelakan dan kematian sambil jaga jaga biker kan resikonya tinggi

    Suka

  10. klo produk tabungan kayaknya ndak mungkin duit 50 juta dapat bunga 500rb , paling 40rb an mas. perbulan. lagian bunga bank haram kan mas 🙂

    Suka

  11. memang benar jika kita mendahulukan akhirat dunia pasti ikut,tpi sbgai manusia sering lupa yang sering tergiur dengan dunia yang mewah megah kadang membuat kita lalai,seperti contoh diatas kita dahulukan haji dari pada beli rumah tapi ternyata Allah memberi rezki yang tak disangka kedua2nya bisa di dapat,subhanallah semoga sya bisa seperti contoh diatas yang memilih utama menjadi tamunya Allah amiin

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: