pilih investasi atau nabung ?


Misalnya saya saat ini punya uang sebanyak Rp. 45.750.000, ada dua alternatif menarik yang bisa saya lakukan, yaitu pertama-tama saya investasikan, yang kedua saya belikan emas murni batangan untuk saya tabung dalam jangka lama.

Ingat investasi, jadi ingat usaha patungan dari ustad Yusuf Mansyur, jadi misal saya investkan patungan ke usaha ustad Yusuf Mansur, yang dijanjikan keuntungan 8% per tahun dalam jangka waktu 10 tahun. Saya reka-reka itungannya seperti ini, bahwa modal awal Rp. 45.750.000 kan tetap karena sudah dibelikan aset, maka kita tinggal menikmati hasil bagi untung dari pembelian aset tersebut, yaitu saya dapat Rp. 3.660.000 per tahun. Kalau genap sepuluh tahun maka saya akan dapat Rp. 40.260.000,- dan jika modal awal setelah 10 tahun saya ambil atau saya alihkan kepada orang lain yang mau menggantikan (dijual ke investor lain), maka itunganya anggab saja modal awal saya balik utuh, tidak kurang tidak lebih, sehingga pada akhir tahun kesepuluh, yaitu tahun 2013 saya mendapatkan uang saya total adalah Total = Rp. 45.750.000 (pokok patungan) + Rp. 40.260.000 (bagi hasil)= Rp. 86.010.000

tabelnya itung-itungannya bisa dislihat dibawah ini.

Tahun

Tahun ke-

Modal patungan (tetap)

% bagi hasil

Bagi hasil per tahun

2013

0

45.750.000

8%

2014

1

45.750.000

8%

3.660.000

2015

2

45.750.000

8%

3.660.000

2016

3

45.750.000

8%

3.660.000

2017

4

45.750.000

8%

3.660.000

2018

5

45.750.000

8%

3.660.000

2019

6

45.750.000

8%

3.660.000

2020

7

45.750.000

8%

3.660.000

2021

8

45.750.000

8%

3.660.000

2022

9

45.750.000

8%

3.660.000

2023

10

45.750.000

8%

3.660.000

11

45.750.000

8%

3.660.000

45.750.000

40.260.000

Total = 45.750.000 (pokok patungan) + 40.260.000 (bagi hasil)

86.010.000

Namun bisa saja uang Rp. 45.750.000 ini saya belikan emas murni batangan, kebetulan untuk 100 gram harganya hari ini adalah Rp. 45.750.000 sehingga saya mendapatkan utuh emas batangan murni 100 gram saat ini.

Lalu emas ini saya simpan sebagai tabungan yang akan saya jual tahun 2013 kelak. Ternyata saat tahun 2023, harga emas sudah mencapai tiga kali lipat dari harga tahun 2013, ya anggap saja tahun 2023 harga emasnya Rp. 1.500.000 per gram , maka saat emas 100 gram ini saya jual, saya mendapatkan uang Rp. 150juta. Ternyata lebih banyak uang saya yang saya belikan emas dan saya jual tahun 2023 dari pada saya investasikan selama 10 tahun dengan bagi hasil untung 8% per tahun 😀

Tabel dibawah ini adalah prediksi harga emas yang mengalami kenaikan pertahun dari 20%, 30%, 40% dan 60%. Dan kenyataannya harga emas memang naik rata-rata 20% per tahun.

Jika Kenaikan Emas =

20%

30%

40%

Tahun

Harga Emas

Harga Emas

Harga Emas

2012

480,000.00

480,000.00

480,000.00

2013

576,000.00

624,000.00

672,000.00

2014

691,200.00

811,200.00

940,800.00

2015

829,440.00

1,054,560.00

1,317,120.00

2016

995,328.00

1,370,928.00

1,843,968.00

2017

1,194,393.60

1,782,206.40

2,581,555.20

2018

1,433,272.32

2,316,868.32

3,614,177.28

2019

1,719,926.78

3,011,928.82

5,059,848.19

2020

2,063,912.14

3,915,507.46

7,083,787.47

2021

2,476,694.57

5,090,159.70

9,917,302.46

2022

2,972,033.48

6,617,207.61

13,884,223.44

2023

3,566,440.18

8,602,369.89

19,437,912.81

2024

4,279,728.22

11,183,080.86

27,213,077.94

2025

5,135,673.86

14,538,005.12

38,098,309.12

Tabel dibawah ini adalah beberapa perhitungan harga emas di tahun 2023, beserta itungan dikalikan 100 gram emas pada kolom paling kanan.

Gram emas murni

Jika harga Emas Murni th 2023

Maka 100 gram =

100

860.100

86.010.000

100

900.000

90.000.000

100

950.000

95.000.000

100

1.000.000

100.000.000

100

1.250.000

125.000.000

100

1.500.000

150.000.000

100

1.750.000

175.000.000

100

2.000.000

200.000.000

100

3.000.000

300.000.000

100

4.000.000

400.000.000

Jadi silahkan saja untuk investasi atau nabung emas, ingat ini investasi dan nabungnya dalam jangka panjang lho, nabung emas hampir tanpa resiko, kecuali hilang atau dicuri orang, tapi kalau investasi jelas ada resiko laba atau rugi. Satu lagi kita bisa investasi dengan tambahan niat ibadah jika misal ikut investasi patungan ala ustad Yusuf Mansur. Tapi bagaimanapun aturan investasi, pencatatan yang baik dan transparan, juga ada usaha nyata yang dijalankan dari uang yang kita investasika adalah salah satu ciri-ciri investasi yang sehat dan cerdas. Pilihan tetap ditangan kita masing-masing. Pilih investasi atau pilih nabung? monggo.

Dibawah ini beberapa sumber dari tulisan saya :

http://forum.kompas.com/ekonomi-umum/42294-harga-emas-idr-1-juta-gram-di-tahun-2015-a.html

http://emas-perak.com/prediksi-emas/

http://taman-emas.blogspot.com/2012/04/harga-emas-per-tahun.html

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/07/12/1056003/Harga.Emas.Antam.Hari.Ini.Tidak.Berubah

Iklan

13 Tanggapan

  1. emassss

    Suka

  2. sebenernya bedanya adalah di”fungsinya”, klo investasi/ berupa modal dagang, fungsinya cenderung sebagai pendapatan/ penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup, karena hasilnya bisa diperoleh tiap hari, bulan, atau tahun, dengan modal yang cenderung tetap atau berbanding lurus dengan keuntungan. Nah klo investasi/ nabung berupa emas fungsinya adalah investasi berupa tabungan akumulatif, yang hanya bisa sekali unduh. Karena misal jika kita nabung emas, lalu baru setahun sudah dijual, memang hasilnya untung, tapi…klo kita ingin kulak emas lagi kan harganya juga sudah harga baru bukan harga lama, jadi untungnya ya sekali unduh itu saja…analisa ngasal saja masbro, CMIIW….:D

    Suka

  3. Salah kaprah…

    Emas itu bukan bukan instrumen investasi tapi hanya bersifat sebagai tabungan.

    Dan jika anda berharap kaya mendadak dari emas setelah 10 tahun, anda bener2 dibodohin sama ebook-ebook sampah yang beredar di internet karena nilai emas tiap tahunnya itu sama saja.

    Emas memang tidak pernah turun nilainya sepanjang sejarah, tapi juga tidak naik, karena yang naik turun adalah nilai mata uang.
    Karena dengan membeli emas maka kekayaan Anda akan diam tidak bergerak dan stagnan.

    Maka kalo orang menyimpan emas nilainya tetap terjaga, tapi kalo si penyimpan orang islam maka nilai emas akan berkurang karena tiap tahun nilai fisik emasnya akan turun 2,5% karena harus membayar zakat.

    Disini terselip pesan implisit islam “Jangan suka menimbun harta tanpa guna, emas sekalipun. putarlah harta agar bermanfaat bagi sesama”

    Kesimpulannya :

    Yang salah kaprah dari orang tentang emas adalah mereka berharap keuntungan yg di dapat dari fluktuasi harga, padahal emas sebenarnya adalah alat pelindung nilai (hedging).

    Karena yang punya toko emas pun investasinya bukan dari emas, karena suatu saat saya akan membeli kembali (buyback) emas anda dengan harga yang sama atau harga lebih tinggi.

    Kalau semisal saya (toko emas) suruh membeli lagi emas yang saya jual 10 tahun lalu dengan harga yang lebih tinggi dan uang hasil penjualan 10 tahun lalu tidak saya diputer-puter ke investasi yang lebih profit apa saya ga mabok suruh beli emas dengan harga yang berkali-kali lipat?

    Nah silahkan tebak investasi apa yang saya pilih sebagai toko emas untuk menghasilkan profit yang lebih untuk cadangan buyback emas-emas yang saya jual dimasa yang akan datang.

    referensi :

    http://bisnis.liputan6.com/read/524378/investasi-emas-tak-akan-bikin-anda-kaya

    http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2013/04/20/saatnya-beli-emas/

    http://blogs.itb.ac.id/petrusfajarsubekti/2013/06/22/investasi-emas-tidak/

    http://www.kaskus.co.id/thread/517a389c8027cf6662000006/96089474diskusi94749608-investasi-emas—part-8/67

    http://chirpstory.com/li/62811

    Suka

    • tulisan saya ini sekedar menjelasakan itungan dengan uang yang sama, dengan jangka waktu yang sama, maka pilih investasi atau pilih menabung emas murni (bukan emas perhiasan), emas murni fungsinya sebagai penyimpan NILAI, saat ini misal kita jual kambing, lalu belikan emas murni, lalu sepuluha tahun lagi emas tersebut dijual lagi, maka akan bisa untuk beli kambing.

      Suka

  4. Ane setuju dengan bro salah kaprah.. Ane pribadi hanya menjadikan emas untuk pelindung nilai alias tabungan saja dan gak pernah berharap harga emas akan selalu naik terhadap USD.. kalo invest ane lakukan di property dalam hal ini jual beli ataupun untuk sewa.

    Suka

  5. emas tahun ini harganya malah turun dbnding thn kmrin, thn lalu beli emas batangan hrga 520rb/gr, eh skrg malah cuman 450rb/gr…. padahal harga komoditas naik semua pasca kenaikan hrga BBM…..

    Suka

  6. Setahu saya yg namanya bagi hasil itu tidak pernah menjanjikan sekian persen keuntungan di awal sebagaimana riba, tapi berapa persen keuntungan yang bisa dibagi dari bisnis yang dijalankan. Misal kalo anda menanam modal 1 juta di mamang tukang bakso dengan perjanjian keuntungan dibagi 60% tukang bakso dan 40% anda, kemudian dalam 1 hari mendapat keuntungan penjualan dari modal anda tersebut sebesar 100 ribu, maka anda berhak atas hasil 40 ribu dan si tukang bakso 60 ribu. Itu yang namanya konsep bagi hasil dalam Islam, dengan catatan tukang baksonya bisa dipercaya (jujur) dan kalo rugi siap ditanggung bersama. Tapi kalo di awal udah menjanjikan keuntungan 8% dari modal yg ditanam udah pasti riba!

    Suka

  7. sampai kapanpun emas mempunyai nilai yang tetap stabil sehingga cocokbuat tabungan,

    http://awansanblog.wordpress.com/2013/07/24/spesifikasi-lengkap-megascooter-honda-forza-300/

    Suka

    • emas tahun ini harganya malah turun dbnding thn kmrin, thn lalu beli emas batangan hrga 520rb/gr, eh skrg malah cuman 450rb/gr…. padahal harga komoditas naik semua pasca kenaikan hrga BBM…….

      Suka

  8. mending di tabug di perusahaan saya mas hehehe dapat bagi hasil rata rata 23 persen syariah plus dikasih tunjangan kematian, kecelakaan dan jaminan kesehatan……..nimpen 45 jeti ya 10 tahun insya alloh jadi 200 jutaan……dan amin aman karenan danaya di jamin pemerintah 100 persen

    Suka

  9. pilih investasi dong, klo asuransi gitu hukumnya gimana mas bro

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: