Ternyata NUSATV atau b-channel siaran di desa Ngoro-Oro, Jogja


Tower yang tengah adalah milik MetroTV yang juga dipakai bersama dengan NUSATV/b-channel

Tower yang tengah adalah milik MetroTV yang juga dipakai bersama dengan NUSATV/b-channel

Sebenarnya sudah sejak kisaran tanggal 20 Juli 2013, saya mendapat pertanyaan dari beberapa teman, tentang adanya tv analog baru yang bisa  diterima di jogja dengan jernih pada kanal 56, yaitu nusaTV. Tetapi karena setahu saya kanal 50 UHF ke atas adalah jatahnya MAGELANG, maka saya jawab saja kala itu, mungkin pemancarnya ada di Magelang, tapi bisa mengcover jogja. Ini seperti sindoTV yang ada di Suroloyo yang bisa mengcover jogja, tapi berhubung pemancarnya sepertinya kecil, maka tidak begitu jernih diterima di wilayah jogja.

Sampai pada hari ini saya melihat sendiri ternyata NUSATV/b-channel siaran dari lokasi di MetroTV jogja, memakai bersama tower metroTV. Sedangkan pemancarnya adalah NEC 20 KW analog, dengan kanal 56 UHF. Padahal setahu saya dulu, pemancar ini memakai kanal 52UHF.

Saya sendiri kurang update mengenai peraturan pengakanalan UHF analog, tetapi setahu saya memang kanal 50 UHF keatas adalah milik Magelang, seharusnya pemancarnya berdiri di Magelang. Mungkin ada aturan baru sehingga NusaTV bisa siaran dengan pemancarnya berada di wilayah Yogyakarta.

lokasi pemancar dan tower bekas TATV yang sekarang terbengkelai

lokasi gedung pemancar dan tower bekas TATV yang sekarang terbengkelai

Yang saya tahu dulu TATV pakai kanal 50 UHF dan lokasi emancar di dekat Metrotv jogja, tower paling kiri dari foto diatas, dan TATV akhirnya tidak bisa siaran di lokasi pemancar di jogja ini.

Entah nasib tv digital DVB-T2 jadinya kayak apa ya.

Iklan

14 Tanggapan

  1. kasihan tatv yg hrs cabut dr jogja krn peraturan.
    eh ini malah nusatv bisa siaran

    Suka

    • kalau kanal 56 boleh siaran di berlokasi di jogja, maka kanal 50, 52, 54, 58, 60, 62 pun harusnya besok boleh mancar dari lokasi di jogja

      Suka

      • apa udah nasibnya TATV ya? towernya pun di telomoyo sekarang disuruh pindah lagi, karena tabrakan frekwensi dengan IMTV Semarang, TATV yg menempati Kanal 50 UHF Wilayah layanan Magelang/Salatiga dan Solo jangkauannya hingga ke wilayah semarang bahkan pantura karena kekuatan pemancarnya yg tinggi, skrg disuruh nurunin kekuatan pemancarnya agar tdk mengganggu IMTV yg blm lama mendapat ijin siar untuk kanal tambahan Kota semarang dan sekitarnya. Konsekuensi menurunkan daya pancar akan mengakibatkan TATV tdk bs diterima di Solo dan sekitarnya, sehingga sekarang TATV membangun site pemancar lg di daerah Kemalang, Klaten (daerah deles)

        Suka

  2. dayane gede2

    Suka

  3. Net TV apa sudah siaran di Jogja ?

    Suka

  4. Kayanya kalo bikin aturan itu pelaksanaannya setengah-setengah jadi bikin orang jadi bingung, moga moga kalo digitalisasi sudah dilaksanakan nanti tidak menambah bingung.

    Suka

    • perkembangan teknologi itu tidak bisa dilawan, biarkan mengalir secara alami, maka besok tv digital pasti juga akan mengalir alami

      Suka

  5. NUSA TV dgn kekuatan pemancar hnya 20KW diterima diwilayah delanggu-klaten sampai saat ini masih kurang bagus dan bnyak semutnya…
    mau tnya mas yanta?
    berpengaruh pada penerimaan apa tidak mas,kalau memakai tower bersama? soalnya METRO TV skrg gmbr.nya jdi bergaris-garis? pdhal dlu sdh sgt bgs…

    Suka

  6. Nusatv diterima bagus di wilayah manisrenggo klaten

    Suka

  7. TATV sudah pindah di Salatiga mas sejak tahun 2009,,entah karena kasus di Jogja atau memang sengaja bikin pemancar baru sehingga diterima di Salatiga dan Pantura Timur menjadi jernih..padahal sebelumnya sktr tahun 2005 TATV sempat tertangkap meski memakai pemancar SOlo/Jogja meski antena penerima di Salatiga arahnya ke Semarang,,namun setelah itu hilang dan skhirnya thun 2009 mencul lagi TATV dgn pemamcar disekitar gunung yang ada di Salatiga..kalau bisa ada foto asik nih..hehe
    Ini malah Salatiga TV, JKTV dan SW TV gak bisa siaran meski pakai kanal Salatiga…payah og

    Suka

    • Kasihan TATV mas, dlu di patuk suruh pindah, sekarang di telomoyo jg suruh pindah 😦 karena tabrakan frekwensi dengan IMTV Semarang, TATV yg menempati Kanal 50 UHF Wilayah layanan Magelang/Salatiga dan Solo jangkauannya hingga ke wilayah semarang bahkan pantura karena kekuatan pemancarnya yg tinggi, skrg disuruh nurunin daya pancarnya agar tdk mengganggu IMTV yg blm lama mendapat ijin siar untuk kanal tambahan Kota semarang dan sekitarnya. Konsekuensi menurunkan daya pancar akan mengakibatkan TATV tdk bs diterima di Solo dan sekitarnya, sehingga sekarang TATV membangun site pemancar lg di daerah Kemalang, Klaten (daerah deles)

      Suka

  8. Nusatv bisa diterima di ambal tp byk semutnya

    Suka

  9. per januari ini di solo nusatv jernih

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: