Antri haji lama, uang kertas jadi susut nilainya


image

Ini sekadar ilustrasi untuk daerah jogja bahwa antrian jika daftar haji tahun 2013 saat ini, maka dapat giliran naik hajinya kurang lebih tahun 2025. Bahkan mungkin sudah lebih.  (sepertinya sudah tahun 2027 yang daftar saat ini)

Jika depag mau merubah pola pikir yaitu setoran awal yang 25 juta per calon jamaah haji itu langsung dibelikan emas murni batangan, maka saat ini dengan harga 500ribu per gram, akan dapat kurang lebih 50 gram, lalu emas tersebut oleh depag disimpan saja di tempat yang aman.

Atau mulai pendaftaran haji bulan oktober 2013, daftarnya dengan emas batangan 50 gram antam. Tidak lagi dengan nominal uang kertas rupiah.

Tahun 2025 saat giliran jamah haji sudah sampai, emas 50 gram tersebut tinggal dijual saja. Tahun 2025 harga emas diprediksi bisa mencapai Rp. 5 juta per gram Maka akan dapat uang 250 juta. Jadi calon haji malah kelebihan uang sebagaimana hitungan saya diatas.

250juta – 110juta + 25juta = 165juta.

Jadi tahun 2025 malah kelebihan 165juta.

Tapi jika tetap pakai cara saat ini yaitu dengan hitungan uang kertas rupiah. Maka saat tahun 2025 yang diprediksi ONH bakal tembus kisaran 110juta sehingga calon haji yang setoran awalnya baru 25 juta, masih harus melunasi kekurangannya sebanyak 85 juta.

Saya yakin banyak calon haji yang mendaftar saat ini tidak menyadari hal ini. Mengira ONH stabil dikisaran 35juta. Padahal jika pakai standar emas murni batangan, biaya ONH makin murah.

Depag harusnya berpegang pada Al Quran yaitu memakai uang sunah, yaitu dinar dan dirham. Emas dan perak. Bukan uang kertas yang nilainya susut dan menyengsarakan calon haji. Makin lama calon haji antrinya, maka makin banyak tombok yang harus dibayar saat pelunasan ONH disaat tahun keberangkatannya.

image

Untuk prediksi ONH dan harga emas di tahun 2025 bisa anda google.

Iklan

7 Tanggapan

  1. Daftar haji sekarang-sekarang ini dapatnya 2027 (belum di hitung pengurangan 20%) , kok bisa dapat 2025 mas ?

    Suka

    • Tiap daerah beda beda mas. Makin lama berarti makin susut nilai uang awal pendaftaran kita. Setahi saya utk jogja kalau daftar sekarang maka antriannya naik haji sekitar tahun 2025.

      Suka

      • Betul, mas maksud saya itu untuk DIY, kebetulan ada kemaren yang sudah daftar bulan agustus di sleman, ini ada data tambahan:

        Suka

  2. Bismillah
    Assalakualaikum

    Mas Hadi dan pengunjung blog lainnya, kalau ada yg punya channel ke Pak Anggito Abimanyu (Dirjen Haji), tolong sampaikan usul saya agar sistem talangan haji dari bank dihapuskan karena yg ditalangi sebenernya belum wajib karena belum mampu saat itu walaupun pada tahun keberangkatan mampu melunasi, tapi yang dihitung adalah saat dia mendaftar. Padahal saat itu juga ada yg lain yang mampu lunas sehingga dia wajib haji.

    Masalahnya kadang calon hasil bantuan bank ini menghalangi antrean calon yg sudah benar2 mampu lunas saat itu juga. Orang yang belum wajib malah menghalangi orang yang dah wajib.

    “Ibarat anak kecil yang belum wajib sholat memenuhi masjid sampai orang dewasa pria yang wajib berjamaah di masjid tidak dapat tempat.”

    Namun kontrak yang sudah berjalan harus diselesaikan dulu dengan calon dari talangan bank.

    Suka

    • Dana talangan sekarang hanya di berikan dalam jangka waktu 1 tahun (harus lunas) tidak seperti dulu yang bisa 2-3 tahun cicilan atau mungkin lebih, memang meski lebih baik ditiadakan

      Suka

  3. Betul bgt pmikiran anda ini. Mhn hal ini d teruskan minimal ke pak jokowi yg pro thdp perubahan kearah lbh baek buat rakyat. Biar beliau yg mempresentasikan k dirjen haji insya Allah hal ini terlaksana. Amin

    Suka

  4. JOSS!!!

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: