Embung Nglanggeran, danau kecil di puncak bukit Nglanggeran


IMG_20131009_112601

Hari ini saya ceritanya nganter teman kantor Semarang yang kebetulan main ke kantor Jogja, kebetulan pas jam istirahat makan siang, lalu saya ajak ke Embung Nglanggeran, yang jaraknya cuma kisaran 3 KM dari kantor. Lagi pula saya juga belum pernah kesini, itung-itung wisata sambil foto-foto untuk tayang di blog ini, biar tambah dikenal wisata ini, amin.

Saya naik Jovan, dan ternyata jalan menuju embung setelah masuk ke dusun di dekat gunung nlanggeran, jalannya masih jalan cor semen, dilanjut jalan tanah yang hanya muat satu mobil, sehingga diakali oleh pengelola dengan komunikasi via HT, jadi dapat dipastikan jalan tanah sepanjang kurang lebih 1 km, hanya dilalui mobil dalam satu waktu, dan tidak papasan di tengah jalan. Repot kalau sampai papasan, karena jalannya pas banget, padahal jovan kan singset nih bodinya 😀

Tuh jovan dah parkir manis sendirian, dan latar belakannya adalah embung yang ada diatas bukit, jadi harus jalan kaki olah raga naik bukit menuju embung.

IMG_20131009_112942

Mari kita mulai naik, jalannya masih dalam tahap pengerjaan, tapi jalan setapak menuju atas sudah dibuat bagus dan permanen dengan tangga dari batuan alam. Lumayan ada 4 tangga seperti ini jika saya tidak salah hitung, untuk menuju sampai keatas.

Embung ini diresmikan oleh Sri Sultan HB X, pada tanggal 19 Februari 2013, setahu saya tanah yang dipakai adalah SULTAN GROUND, dan fungsi dari embung ini adalah untuk menampung air dari sumber SONG PUTRI, yang tentu saja letaknya diatas embung ini, ajaibnya bahwa embung ini sebenarnya sudah di tempat yang tinggi, tapi ternyata masih ada mata air yang berada di ketinggian di utara embung ini, dan fungsi dari embung ini adalah untuk pengairan tanaman duren yang ditaman disekitar embung, ajaib pasti kisaran 5-10 tahun kedepan pemandangan dibawah embung ini adalah pohon durian yang berbuah lebat, sebagi pecinta buah durian, saya sangat senang dengan ide cemerlang ini. Oh iya pohon duriannya setahu saya yang akarnya tiga buah lalu digabung jadi satu batang, sehingga diharapkan bisa cepat besar, karena ada tiga akar pencari makanan yang mensupply satu batang saja. Mungkin 5 tahun sudah ada yang berbuah, semoga begitu.

IMG_20131009_113036

IMG_20131009_113046

IMG_20131009_113121

IMG_20131009_113129

IMG_20131009_113155

IMG_20131009_113206

IMG_20131009_113302

IMG_20131009_113312

Sampai diatas lumayan juga butuh tenaga, tapi semilir angin dan cuaca sedikit mendung, menjadi hal yang sangat menyenangkan dan menyegarkan badan dan pikiran, ada beberapa pasang muda mudi sedang bercengkerama wisata di atas embung ini, embung ini dibuat dengan semacam plastik tebal yang disambung dengan teknik khusus, sehingga air tidak merembes kemana mana. Sungguh ide yang bagus.

Akan lebih baik kalau kesini pas sore menjelang maghrib, bisa melihat matahari tenggelam, bisa juga melihat kota Wonosari dari atas embung ini, bisa bayangkan betapa tingginya tempat ini kan?

Untuk masuk ke embung ini, kita harus merogoh kocek Rp. 5.000 untuk parkir mobil, dan Rp. 3.000 per orang untuk Tiket masuknya, tidak begitu mahal sih.

Dan jangan kuatir, ada kamar kecil juga disini, yang belum saya lihat adalah mushola. Ada juga semacam pendopo diarah barat parkiran, tapi saya tadi tidak sempat kesana.

Saya rekomended banget bagi anda untuk menjajal berwisata ke embung ini, dan juga di dekat embung ada juga wisata GUNUNG API PURBA LANGGERAN, itu gunung batu hitam yang kelihatan di foto. tapi karcis dan parkirnya lain, karena tempatnya agak jauh meskipun masih satu kawasan.

Jangan lupa saat pulang dan perut lapar untuk juga untuk mencicipi soto mak Jam yang ada dikekat parkiran Gunung Api Purba Nlanggeran.

http://hadiyanta.com/2013/10/08/soto-sapi-dan-ayam-mbak-jam-di-gunung-purba-langgeran/

Ada juga warung lesehan pok Gunung, di dekat puskesmas Tawang, sekitar 1,5 KM dari parkiran.

http://hadiyanta.com/2013/10/09/warung-lesehan-pok-gunung-langgeran/

IMG_20131009_113408

IMG_20131009_113531

IMG_20131009_113915

IMG_20131009_113948

IMG_20131009_114008

IMG_20131009_115454

IMG_20131009_115529

IMG_20131009_115601

IMG_20131009_115608

IMG_20131009_120316

IMG_20131009_120327

IMG_20131009_120522

IMG_20131009_120608

IMG_20131009_120742

IMG_20131009_120913

IMG_20131009_121245

IMG_20131009_121302

IMG_20131009_122030

IMG_20131009_130707 IMG_20131009_130744

14 Tanggapan

  1. kpn2 pengen juga kesana…
    # apik..

    Suka

  2. Ijin share kang

    Suka

  3. yg pake baju putih itu eyang ali??
    kalo dari gn.api purba kemana om?

    Suka

  4. I am surprize, wonderful view, have changed all, i really wanna to go there, i miss that place…

    Suka

  5. ruar biasa….

    Suka

  6. Nak ndono … apike aku ngejak sopo yo mas?

    Suka

  7. dari jl masuk gunung purba kalo ke lembungnya lewat mana ?

    Suka

  8. bisa tolong di post jalur / rute menuju Embung Langgeran dari Surakarta? saya sedikit kebingungan 🙂

    Suka

    • rute jika anda
      dari arah jalan solo, maka setelah candi prambanan akan menemui lampu merah. Ambil kiri jusan PIYUNGAN. Nanti akan melewati CANDI BOKO di kiri jalan. Sampai lampu merah pertigaan PIYUNGAN ambil jalan Wonosari yaitu yang belok kiri, terus naik ke
      Patuk GunungKidul, nah anda akan melewati
      pula BUKIT BINTANG, atau HARGODUMILAH ,
      lalu akan melawati RADIO GCD yang ada di
      kiri jalan, anda tinggal naik 50 meter akan
      ada perempatan di depan pas Pos PJR
      Patuk. Untuk ke Nglanggeran, ambil arah
      kiri, menyusuri jalan hotmix halus yang kecil
      tapi muat lho bis besar wisata, nanti akan
      melewati komplek pemancar TV jogja-solo,
      sebelum akhirnya sampai di Gunung
      Nglanggeran.

      Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: