Membuat power bank pakai baterai eneloop sanyo


Sebelum membaca lebih jauh dan mungkin mempraktekkan langsung, ada baiknya dipikirkan keefektifan biaya dan waktu, kecuali mungkin anda memang suka mencoba-coba. Karena saat ini beli powerbank jadi, sudah sedemikan murah dan beragam.

Terimakasih.

image

box untuk tempat baterai di rangkai SERIAL, akan menghasilkan output 5 volt, dengan kapasitas 8.000 mAh

image

Charger original eneloop warna putih, yang muat 4 baterai AA

image

Baterai eneloop size AA, 1,2 Volt, 2.000 mAh yang ditaruh di box disambung seri

Istri saya mau ikut. studytour sekolahan dia mengajar, dan minta dibelikan power bank, karena hp android dual GSM Mito A335 nya boros batre, maklum dikasih dua sim card GSM dan aktif semua, tentu lebih boros dari pada jika hanya satu simcard GSM yang aktif.

Lalu saya beraksi tanya ke grup android koboys, dan juga ke sedulur koboys yang jualan PB. Saat tanya sana-sini dan baca di forum ini itu, kok katanya banyak PB abal abal. Ngakunya sekian mAh, kenyataannya tidak sampai segitu. Lalu kepikiran untuk membuat PB sendiri dengan baterai yang mudah dibeli, mudah di charge, dan tentunya terbukti handal.

Saya jadi ingat baterai ENELOOP yang saya beli untuk kamdig saya, saya punya empat baterai dan terbukti handal untuk menenagai kamera digital saya, pernah saya coba semalam untuk jepret takbir keliling, bisa 400 lebih jepretan dengan flash menyala untuk sepasang baterai eneloop ukuran AA, berdaya 2000 mAh .

Akhirnya tadi nekat beli baterai eneloop dari sanyo di toko elektronik SINAR BARU di Jogja, sebelah utara Jokteng Wetan keutara ada di timur jalan, empat biji Rp. 125.000 yang 2000 mAh per bijinya. Sehingga kurang lebih setelah dijumlah akan jadi 8.000mAh.

Pertimbangan saya, baterai ini adalah 1,2 volt per biji, kalau 4 baterai di seri maka 1,2 X 4 = 4,8 Volt, yach mendekati spesifikasi charging rata-rata HP android yang 5 Volt.

Saya cuma modal beli wadah baterai AA isi 4 biji dengan harga Rp. 9.000. Uniknya ada penutupnya dan ada saklar on off. Memangkelemahan PB buatan saya ini adalah baterai ini harus dicopot jika mau charge ulang, tapi tidak masalah, tinggal buka satu sekrup pakai obeng plus, lalu ambil baterainya lalu pasang di charger eneloop yang sudah saya miliki. Charget baterai eneloop ini lama banget, makan waktu 12 jam untuk dari kondisi kosong ke full, biasanya saya isi jam 5 sore, nanti jam 5 pagi sudah full.

Jadi saya irit karena sudah punya alat yang untuk chargernya. Kalau beli terpisah kayaknya dulu saya beli Rp. 250.000 sudah include 2 biji baterai. Mungkin sekarang harganya sudah turun.

Secara teori baterai ini kalau saya seri keempatnya adalah 1,2V x 4 = 4,8volt. Tetapi tadi saya ukur dengan multimeter digital bisa keluar 5,1volt. Wah asyik jadi pas sesuai standar charging di kisaran 5 volt. Pokoknya keempat baterai cuma ditaruh di box baterai, lalu itu ada kabel poisitif (merah) dan negatif (hitam), nah kabel tersebut tinggal disambung ke kabel yang ujungnya miniUSB yang nanti kita colok ke HP kita. Simple tanpa komponen tambahan apapun, dan insya Allah aman, karena memang keluarnya 5,15 volt pada PB milik saya ini.

Tadi saya sudah coba di advan S5F, hp smartfren biasa, bisa charging. Saya coba charging di 80%, naik ke 81% butuh waktu sekitar 5-7 menitan. Tetapi setelah 90% sudah tidak mau mengisi lagi, tapi saya coba di BB masih mau. Perlu diketahui baterai advan S5-F adalah 2.500. Saat charging, baik PB atau HP juga tidak timbul panas.

Entah ini nanti voltase bisa turun dari 5 volt atau tidak. Jika turun maka kemunkinan tidak bisa charging. Prinsip sederhananya kan seperti dua kolam. Yang airnya lebih tinggi akan mengalir ke yang lebih rendah. Kalau sudah seimbang maka tidak akan mengalir.

Powerbank buatan saya ini tanpa tambahan komponen apapun. Hanya saya sambung pakai kabel mini usb, ini adalah kabel bekas charger BB untuk mobil. Jadi kabelnya paten tidak bisa dilepas dari box baterai.

Anda tertarik membuatnya, siapkan sbb

1. Beli charger eneloop yang seperti milik saya, isi 4 baterai sekali charger. Anggap saja harganya Rp. 250.000, biasanya include dua baterai, jadi masih kurang dua baterai lagi.

2. Beli dua lagi baterai eneloop dengan kapasitas yang sama, kisaran Rp. 80.000 sepasang.

3. Beli box untuk wadah baterai seperti yang saya beli, harganya Rp. 9.000

4. Beli kabel yang ujungnya mini USB, nanti di solder paten saja dengan kabel plus minus di box baterai. Bisa juga ambil kabel bekas charger yang sudah mati, asal mini USB.

Ternyata kalau ditotal memang banyak juga sekitar Rp. 340.000,- tapi ingat, kita punya baterai yang bisa dicopot dipasang, dan bisa dipakai untuk apapun, misal untuk kamera, mainan anak, untuk senter, dll jika pas tidak kita pakai untuk PB. Dan ini terjamin 8.000 mAh 😀

Sebenarnya tadi saya lihat ada yang 2.500 mAh, paket empat baterai harga Rp. 140.000,- jadi kalau dijadikan PB bisa 10.000 mAh, berapa tuh kalau beli PB merek paten yang dengan baterai paten yang seukuran 10.000 mAH?

image

kabel spiral dengan ujung mini USB disambung ke output bawaan baterai, merah (+) hitam (-)

image

Wow ajaib, setelah saya ukur dengan voltmeter digital, hasilnya 5,15 Volt. mantab.

image

Bukti belanjaan saya, dan alamat tokonya jika mau kesana monggo

image

Sebelum saya chargin aa tulisan NOT CHARGING

image

Saat saya charging dengan PB buatan saya, berfungsi, ada tulisan CHARGING (AC)

image

kalau baterai di PB habis, ya memang harus dilepas dari box baterai, lalu dipasang di charger eneloop, nge charge nya 12 jam 😀

Iklan

17 Tanggapan

  1. ajib ki

    Suka

  2. tukokna power bank 50000an ambil pengisiane tok.

    Suka

  3. kok ketok gampang

    Suka

  4. info menarik neh..

    Suka

  5. Sipp

    Suka

  6. kenapa ga bikin kaya skema “recharge” mainan mobil2an om?
    kan isinya sama

    Suka

  7. hitungannya salah mas, kl diseri mAH nya tetep, voltasenya dijumlah, jd kl bateray nya 2000mAH diseri berapapun ya tetep 2000mAH, bukan karena 4 bateray terus jadi 8000mAH

    Suka

    • Makasih koreksinya. Hihi saya lupa. Maka td pas advan S5F sudah 90% kok sudah tidak mau charger lagi ke hp.

      Suka

    • hehehe….baru mau saya bilang kalau ampernya tetap kalau di seri 😀
      kalau total budget nya jadi Rp.340.000 mending dibeliin Power Bank Probox 5200mAh Sanyo Battery aja mas, cm Rp.285.000 an, hehehe…..

      Suka

  8. salah satu fitur penting di power bank itu ada fitur keamanan misal klo overcharge..
    jd klo batre dh penuh biar otomatis ga ngecharge trs
    nah klo bkin power bank sndri gmn tu mas biar ada fitur beginian?

    Suka

  9. makasih gan. deket ni TKP tokonya. (Y)

    Suka

  10. wah masih mahal saya nrakit sendiri pakai rangkaian cuma habis 42 rb..

    Suka

  11. Creative bro…. hehehee (Y)

    Suka

  12. Aku rapopo
    Kreatif…

    Suka

  13. dah ku coba,,
    arusnya teramat kecill,, jadi chargenya lama,,
    dah modal banyak neehh,, 😀

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: