Rafting Kali Elo (lagi)


Citra Elo rafting ini BASE CAMP ada di KAWASAN WISATA BOROBUDUR, Jl. Raya Mungkid Nanggulan KM 0,2 Desa Progowati, Mungkid, Magelang, jawa Tengah, Indonesia. Telp 0293788435

Kalau dari candi mendut arah candi Borobudur, nanti ada pertigaan kecil, ambil kiri arah Nanggulan.
Perhatikan saja board dan Gapura CITRA ELO seperti foto dibawah ini.

image

image

Gapura

Saya sudah pesan dua hari sebelumnya via telp. Lalu saya pilih yang paket Rp. 750.000 untuk maksimal 6 orang. Saya transfer DP Rp. 200.000 lalu saya dikirim RESERVATION NOTE dan rundown acara via email. Paket ini kita diberi degan/kelapa muda di rest area yang kira kira setengah perjalanan. Lalu setelah sampai di titik finish, diberi minum dan snack, lalu diberi makan besar.

Saya juga ikut paket foto Rp. 150.000 dapat 23 softcopy dalam bentuk CD, dan dicetak sebanyak 10 buah. Lumayan juga foto-fotonya karena dijepret pakai kamera DSLR oleh pothografer profesional. Dan hasilnya saya muat di blog ini, jadi foto pas rafting ini bukan foto jepretan saya.

Kami tiba di CITRA ELO RAFTING kisaran jam 11:45, lalu menunggu sampai jam 13:30 baru diangkut kendaraan menuju titik pemberangkatan berjarak tempuh 12 KM alur sungai, kira kira memakan waktu 20 menitan. Sampai di titik start maka kita diberi brieffing oleh pemandu MAS GUFI yang sudah jadi pemandu rafting selama 18 tahun, wah senior bener ni, kami dibrieffing ini itu agar nanti enak dan selamat selama melakukan rafting.

Hal dasar dalam rafting
1. Pakai helm dan jaket pelampung dengan benar dan singset, jaket pelampung mampu sampai beban 150 KG masih bisa mengapung, jadi jangan takut tenggelam di sungai, kalau kecebur, ya jangan panik, santai saja. Tapi kebanyakan yang takut air pasti panik πŸ˜€
2. Aba-aba
DAYUNG MAJU : kita dayung agar perahu melaju kedepan. Aba abanya “MAJU”
DAYUNG MUNDUR : kita dayung perahu agar melaju kebelakang. Aba-abanya ‘MUNDUR”
GESER KIRI ATAU KANAN ATAU DEPAN ATAU BELAKANG : yaitu misal geser belakang, maka orang yang didepan harus pindah kebelakang, yang dibelakang tetap pada tempatnya, ini berguna jika boat menyangkut di batu.
3. Nikmati saja raftingnya, jangan takut kecebur, tapi juga tetap waspada dan manut perintah pemandu.

image

image

Rodeo 1

image

Rodeo 2

Ini adalah rafting kedua saya di KALI ELO, yang pertama dulu 24 November 2012 bersama AHM JOGJA. Untuk rafting kedua kalinya ini bersama teman teman alumni SMP SMA saya.

http://hadiyanta.com/2012/11/25/pertamakalinya-rafting-di-kali-elo-magelang-dengan-teman-teman-wartawan-jogja-dan-hc3-astra-jombor/

Saya sempat di ceburin teman di tempat arus sungai yg deras, lumayan punggung dan kaki terantuk batu. Tapi tetap aman karena pakai pelampung yang juga melindungi punggung. Prinsip dasarnya adalah, kita harus menghadap keatas, lalu kaki harus ada di arah arus sungai mengalir, agar jika kena batu batuan, maka hanya kaki yang kena, sebaiknya pakai sepatu yang ringan dan tidak menyerap air, karena saya tidak pakai sandal atau sepatu, tadi jari kaki kiri dekat jempol kena batu dan berdarah. Tapi tidak bahaya. Bahkan tadi saya menerobos dibawah pohon bambu yang pucuk pucuknya mentiung ke sungai. Tapi bisa saya atasi dengan mengangkat bilah dayung. Kalo gak begini ma ada ser serunya dan pengalaman yang heboh kan.

Akhirnya jam 16:40 kami mendarat finish. Minum teh panas dan kue, lalu gantin mandi. Setelah itu kita makan besar bersama.

Seru pokoknya rafting ikut operator di CITRA ELO RAFTING, ini adalah operator rafting pertama di sini. Sekarang sudah ada sekitar 14 operator rafting. Boat yang saya pakai ini adalah boat baru, yang baru dibeli sebulan yang lalu, boat ini kurang lebih harganya 18,5 juta, buatan dalam negeri, kalau dengan dayung dan helm 7 pasang, totalnya bisa 22 juta. Saat saya rafting pertama dulu, helmnya sudah jelek-jelek.

image

image

image

boat

image

rodeo 3

image

rodeo 4

image

Rest area 1

image

rest area 2

image

image

rodeo 5

image

Oh iya kami mendapat pemandu rafting yang menyenangkan dan mumpuni. Namanya mas Opik. Kami melakukan atraksi spin di jeram yang arusnya lumayan deras sebanyak 3 kali. Tidak semua pemandu bisa dan berani mengajak atraksi ini. Seru deh.

IMG_20140114_171646

IMG_20140114_171701

IMG_20140114_173849

Setelah mandi dan ganti baju yang kering, giliran sekarang makan besar, kontennya ada gurami bakar, ayam goreng tepung, sayur lodeh dan krupuk. Nikmat banget makan karena kondisi memang lapar setelah kurang lebih dua jam menyusuri sungai. Yang paling saya suka adalah sayur lodehnya yang dari terong dan jipang, dengan kuah santan yang kental dan pedas, saya ambil tiga mangkok kecil yang khusus untuk ambil sayur. Guraminya juga uenak, saya habisin sampai tinggal tulang tulangnya saja, emang kalau kondisi lapar, makanan enak jadi tambah enak πŸ˜€ yach itung itung biar tambah gemuk.

IMG_20140114_174258

Sebenarnya hari ini pas juga dengan ultah pernikahan kami yang ke 13 tahun. Tepat 14 Januari tahun 2001 kami menikah πŸ˜€

Istri saya senang banget rafting ini, karena yang pertama buat dia, full jerit jerit heboh histeris saat melalui jeram dan tersangkut batu, bahkan sempat jatuh ke sungai saat istri RODEO yaitu berada di ujung depan boat, dan pas bentur batu, dia lepaskan pegangan tangannya, kayaknya ya sempat tenggelam sebentar, tapi pelampung yang dipakai kemampuannya sampai maksimal 150 KG kok, padahal istri saya kurang dari 60 KG. Tapi kayaknya sempat minum air sungai sih.

Terimaksih untuk wiji, langen dan evi. Kalian luar biasa. *Antik kapan πŸ˜€

IMG_20140114_174302

Iklan

17 Tanggapan

  1. Seruuu beneran, sayang sedari dulu gak ada yang mau diajakin Rafiting beginian πŸ˜€

    Suka

  2. Wow…. 2jam.. puas banget tuh dan bikinlaper

    Suka

    • ketinggian air kemarin ideal, gak terlelu dangkal gak terlalu tinggi, kalau terlalu tinggi, tinggal kita naiki saja boatnya πŸ˜€ gak usah dayung

      Suka

  3. seru banget yo…

    Suka

  4. pengen ke situ lagi

    Suka

  5. tinggal aku sing hurung di traktir Pak Haaaaa…
    Happy anniversary ya Pak Ha.. dan bu Guru Siti .. kekal selamanya dan berkah slalu yaa..

    Suka

    • amin matur nuwun bu Antik, kapan kapan kita agendakan bersama lagi, karena arung jeram itu bikin ketagihan.

      Suka

  6. joss…tks teman yo πŸ™‚

    Suka

  7. 2 jam masih kurang lamaaaa….hehehe… terimakasih kembali.. btw Happy Anniversary yach.. baru tahu..hiks… Sorry jg gw yg ceburin menjelang jeram..(nda liat sekitar).. jadi berdarah dech…

    Suka

  8. Terima kasih kunjungannya kak, πŸ™‚ Salam hangat dari Basecamp CitraElo …

    CitraElo Rafting | Magelang

    Suka

  9. rung tau rafting

    maskurmambang.com/2014/01/15/misteri-tuyul-itu-terungkap/

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: