Sebelum terlanjur, MUX TX TV Digital harusnya satu lokasi


image

image

Pemancar TV DIGITAL TERESTERIAL DVB-T2 saat ini hampir sudah digelar semua di Pulau Jawa, meski kadang ada yang belum siaran full, masih siaran setengah power, siaran power full tapi powernya kecil, berhenti siaran karena bentrok dengan frekuensi tv uhf analog terdekat, dll.

Untuk wilayah jogja solo tidak ada masalah berarti dalam penempatan pemancar digital, karena semua ngikut di tower existing pemancar analog. Sehingga masyarakat yang mau nonton siaran tv digital tidak perlu merubah arah antenanya, tingga beli SET TOP BOX, lalu install dan cling tv digital sudah bisa dilihat.

Jadi bermasalah untuk daerah yang baru yaitu MAGELANG, PURWOREJO, PATI, BLORA, karena sebelumnya tidak ada tower tv uhf analog berdiri di kota kota tersebut.

Pada perkembangannya tv digital untuk mudahnya tinggal sewa ke tower radio yang towernya besar tinggi dn kuat. Tetapi ada juga yang bikin tower dan gedung baru untuk pemancar digitalnya, yang saya tahu adalah pemenang mux GLOBALTV yang mendirikan tower baru di sekitar kopeng untuk mengcover area Magelang.

Akan sangat menyusahkan penonton nantinya jika misal seperti saat ini pemancar digital globaltv ada di kopeng, tvone ada di pusat kota magelang, ada yang di telomoyo, dll. Bisa jadi nanti 5 mux letaknya menyebar. Dan pengalaman saya mencoba menangkap sinyal tv digital, arah antena rumah ke antena pemancar harus LINE OF SIGHT jika bergeser maka akan susah mendapat sinyal stabil.

Jadi mumpung belum fix benar, misal untuk magelang alangkah baiknya misal semua mux ada di tower milik GLOBALTV, sewa disini. Sehingga nanti semua masyarakat Magelang tidak bingung menentukan arah antena. Cukup ke satu titik arah kopeng yaitu ke tower GLOBALTV.

Saya kira perlu campur tangan pemerintah untuk “memaksa” kedua belah pihak yaitu pemilik tower dan penyewa untuk harus kerjasama semua pasang pemancar digital di tower globaltv kopeng. Karena bisa jadi nanti misal pihak pemilik tower tidak mau menyewakan. Bisa jadi nanti pemenang mux lainnya yang tidak mau sewa ke tower globaltv.

Pada era penyiaran digital ini, persaingan sesungguhnya adalah pada persaingan konten yaitu isi siaran. Karena semua sudah jernih dan bagus diterima di pesawat tv dirumah. Memang ada perbedaan ketika power pemancar tidak sama kekuatannya. Juga nanti ada perbedaan mau pakai SDTV yang hanya kisaran 4 mbps atau HDTV yang makan 8 mbps. Makin besar makin mahal sewa mux nya.

Demikianlah sekedar usulan saran saya demi kebaikan bersama, masyarakat dan pihak pemenang MUX.

Semoga berguna.

Iklan

3 Tanggapan

  1. Iya mas saya setuju banget tu

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: