Akhirnya ban cadangan jovan terpakai juga


image

Tanggal 21 juni 2014 saya beli ban baru achiles untuk ban cadangan jovan. Akhirnya ban cadangan tersebut terpakai juga pada tanggal 1 Juli 2014 saat saya sampai di kantor dan melihat ban depan sebelah kiri kok agak kempes.

Rupanya ada sebuah paku yang menancap. Dan setelah saya congkel ternyata paku ulir. Saat paku ini tertancap di ban, angin masih aman tidak bocor keluar dengan deras. Tetapi begitu saya cabut langsung nge joss anginya keluar.

Ini juga pertama kalinya saya pakai dongkrak buaya yang juga baru beberapa waktu yang lalu saya beli. Tetapi ternyata tuas dongkrak buaya ini mentok bember depan saat dipakai untuk mengungkit dongkrak.

Ini juga pertama kalinya saya memakai kunci palang yang saya beli bersamaan dengan saat beli ban dulu.

Jangan lupa prosedur mengganti ban. Pastikan handrem diaktifkan. Atau yakinkan dengan menganjal roda yang tidak diganti dengan ganjal batu. Ini agar mobil tidak jalan dan bisa membahayakan kita saat mendongkrak.
Lalu kendorkan dulu sekrup ban sebelum didongkrak. Biar ban masih diam tidak muter saat dikendorkan bautnya.
Setelah itu baru di dongkrak dan ganti ban lalu kencangkan sekrup secara seimbang. Lalu bebaskan dongkrak dan kencangkan lagi sekrupnya.
Selesai.

Ban cadangan ini baru 100% dan jangan lupa untuk selalu bawa ban cadangan yang sehat saat kita memakai mobil. Daripada repot di jalan saat bocor.

image

image

image

image

5 Tanggapan

  1. sedia payung sebelum hujan, sipp. kebetulan pelihara great corolla lebih 2 tahun dari beli sudah beli ban di keempat roda, sampai sekarang ban cadangan belum kepake. semoga ajah jangan… hehe

    Suka

  2. sedia payung sebelum hujan, sipp. kebetulan pelihara great corolla lebih 2 tahun dari beli sudah beli ban di keempat roda, sampai sekarang ban cadangan belum kepake. semoga ajah jangan… hehe

    Suka

  3. trus ban yang kena paku diapain pak?kok sama kayak punya saya nasibnya, kena paku ulir. punya saya trus saya kasih cairan anti bocor, sudah 2 minggu ini dipakai terus

    Suka

Silahkan memberi komentar

