Tata cara nonton tv dual mode analog dan digital DVB-T2 di rumah


image

Saya telah beberapa saat punya tv tuner analog untuk di cangkokkan ke PC dirumah, sehingga saya tidak perlu beli PESAWAT TV untuk melihat siaran tv analog dari pemancar teresterial yang berada di Patuk Gunungkidul letaknya.

image

Lalu saya juga ada STB dari kantor untuk memantau siaran tv digital teresterial DVB-T2 di rumah saya, dulu saya pasang di tv biasa di rumah orang tua saya yang letaknya bersebelahan saja. Jadi kalau mau pantau siaran digital harus lihat di tv ortu. Kemarin begitu karena di monitor komputer tidak ada colokan RCA untuk audio dan video.

image

Tetapi beberapa hari ini, anak lanang saya sibuk bikin antena tv, saya biarkan saja anak punya kreatifitas. Dan terakhir dia tanya soal STB, lalu saya kasih tahu cara pasangnya.

Jadi malah kepikiran mencoba pasang di tv tuner analog gadmei yang ternyata ada colokan RCA audio video input di sisi kiri. Dan saya lihat juga di STB ada antena LOOP, saya pikir antena bisa di loop ke input antena lain, dalam hal ini masuk ke input antena yang receiver analog gadmei, dan ternyata berhasil.

Jadi saat ini jadinya layar komputer saya bisa dual mode. Bisa untuk nonton siaran analog, bisa untuk nonton siaran digital DVB-T2, tinggal ganti source nya saja.

Lumayan juga saat ini bisa menikmati siaran digital dari 3 mux
1. Mux GLOBAL : berisi mnc, global dan rcti
2. Mux transcorp : berisi transtv, trans7, dan kompastv
3. Mux TVRI berisi : tvri nasional, tvri jogja

Jadi kalau mau nonton selain diatas harus pindah ke mode analog. Apakah ribet? Tidak juga.

Untuk tv biasa bagaimana? Mudah kok, pasang STB sebagaimana sudah pernah saya tulis. Lalu langkah kedua tinggal sambung saja loop out dari STB ke input antena di TV. Jadi deh dual mode.

image

image

image

Silahkan memberi komentar

