Tata cara pengambilan passport baru


image

Hari ini saya ke imigrasi untuk mengambil passport, tepat sebulan setelah saya, istri dan bapak saya foto passport.

Masuk kantor imigrasi jogja harus naik tangga ke lantai dua. Tangganya ada di depan kantor. Langsung ketemu informasi. Dan saya langsung bertanya cara mengambil pasaport.

Ternyata langsung ke LOKET 5, yaitu belok kanan lurus.

Serahkan lembar pengambilan yang dulu diberikan.

Sebaiknya ambil sendiri sendiri jika luang, karena harus tanda tangan di passport dan di bukti pengambilan. Tetapi jika masih satu KK, saya tadi tidak masalah ambilkan punya bapak dan istri saya. Dan bisa dilihat kalau alamat kami sama persis.

Setelah saya cek dan benar terutama nama dan tanggal lahir. Maka saya tanda tangan pada lembar pengambilan. Juga tanda tangan pada passport.

Setelah itu passport harus langsung dicopy satu lembar dan nanti diserahkan kembali ke loket 5. Foto kopinya ada di lantai bawah di parkiran. Nanti petugas foto kopinya sudah paham. Saya sengaja minta foto kopy dua lembar untuk arsip saya saja.

Setelah menyerahkan kembali foto kopian di Loket 5 maka urusan selesai. Untuk istri dan bapak saya, bisa tanda tangan passportnya di rumah.

Tadi saya sengaja beli sampul passport di tempat foto kopi, harganya Rp. 5.000/sampul. Saya bel tiga buah. Biar lebih aman dan awet.

image

Silahkan memberi komentar

