Suntik vaksin Meningitis di KKP JOGJA


image

image

Hari selasa 24 Maret 2015, saya mengambil passport di kantor imigrasi jogja, karena menambahkan nama menjadi 3 suku kata guna syarat umroh ke Arab Saudi.

Lalu saya dan bapak saya menuju KKP (KANTOR KESEHATAN PELABUHAN) di Ringroad Utara nomer 8. Maguwoharjo. Dari kantor imigrasi langsung kebarat dan ketemu bangjo ringroad ambil kanan dan langsung ambil jalur lambat. KKP hanya sekitar 100 meter dari selatan pertigaan bangjo.

Prosedur pertama adalah lapor ke Satpam. Nanti akan ditanya satpam keperluan kita. Lalu satapam akan mengarahkan. Karena saya mau suntik vaksin meningitis maka oleh satpam langsung diberi blangko satu lembar untuk diisi dan dilengkapi syarat foto kopi KTP dan foto copy passport, dan foto 4×6 dua lembar. Jadi pastikan membawa semua syarat diatas.

Setelah selesai langsung masuk dan ambil nomer antrian dengan memencet tombol antrian elektronik. Lalu tunggu panggilan ke loket 2 untuk pemeriksaan administrasi dan pembayaran.

Kemarin saya suntik vaksin meningitis dua orang @Rp. 305.000 dan vaksin influensa satu orang @Rp. 150.000. Sehingga total habis Rp. 760.000,- Sayangnya saya tidak menerima kuitansinya. Atau memang tidak ada? Atau petugas lupa?

Setelah itu antri lagi untuk suntik. Kami akhirnya dipanggil 6 orang bareng dan sebelum disuntik dijelaskan oleh seorang petugas tentang fungsi suntik vaksin meningitis.

Vaksin meningitis untuk membentuk kekebalan terhadap penyakit meningitis yang berhubungan dengan radang selaput otak. Seminggu setelah suntik tidak boleh mengkonsumsi antibiotik. Kekebalan akan terbentuk mulai seminggu sampai sebulan. Dan masa aktif vaksin ini adalah 2 tahun, sehingga tidak perlu suntik lagi dalam waktu dua tahun jika ingin pergi ke luar negeri.

Saya adalah orang yang ngeri kalau mau disuntik. Tetapi ternyata suntik vaksin meningitis ini cuma kayak digigit nyamuk. Jarumnya kecil dan vaksin yang disuntikkan tidak begitu banyak, 0,5ml kalau tidak salah. Seingat saya hanya sekitar 1-2 detik selesai.

Selesai suntik maka antri lagi menunggu buku vaksin. Sekitar 10 menit ternyata sudah jadi. Dipanggil di konter 1 dan mengisi absen pengambilan.

Selesai.

Semoga berguna.

image

image

image

image

image

Iklan

2 Tanggapan

  1. alhamdulillah…

    Suka

  2. Bermanfaat sekali infonya,Mas. Thanks. Saya berencana mau vaksin jg beserta kedua ortu.
    Kalo dari imigrasi trus ke barat, ketemu bangjo belok kanan, maka KKP berada di sebelah kiri atau kanan jalan,Mas…?

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: