NET. ANALOG siaran di Magelang


NET Magelang bersiaran Analog pada kanal frekuensi
58 UHF. Sejak hari KAMIS, 9 April 2015.

Seperti kita ketahui bahwa frekuensi JOGJA – JATENG adalah kanal frekuensi GENAP dimulai pada kanal 22 UHF dan berakhir pada kanal 48 UHF. Total ada 14 kanal UHF.

Sedangkan jatah Magelang adalah juga kanal GENAB dimulai dari 50 UHF sampai 62 UHF. Total ada 7 kanal.

NET. memakai kanal 58 UHF ini sudah benar. Lucunya kanal 56 UHF dipakai di Jogja oleh RTV. Sedangkan sebentar lagi di jogja akan tambah pemancar ANALOG pada frekuensi 55, 57 dan 61 UHF ini adalah kanal frekuensi dari PURWOREJO.

Daerah Magelang bahkan sampai Temanggung sebenarnya sudah tercover dari pemancar analog di Jogja yang rata-rata berkekuatan 20 KW. Namun karena memang sudah didaerah akhir dari pancaran, maka di Magelang kebanyakan memakai BOSTER untuk penguatan sinyal antena. Inilah yang menimbulkan masalah ketika tvOne digital hadir di Magelang pada kanal UHF genab maka bentrok dengan GlobalTV jogja yang sama kanalnya. Alhasil penduduk protes pada siaran tvOne digital di Magelang yang mengganggu penerimaan tv di rumahnya.

Begitupun juga dengan NET. di magelang yang meskipun sudah benar di frekuensi jatah magelang yaitu 58 UHF tapi menurut kabar valid yang sampai ke saya, tetap mengganggu penerimaan tv penduduk di Magelang. Padahal NET ini baru memancar dengan kekuatan 100 watt saja. Belum lagi besok kalau dari pemancar jogja misal di kanal 55, 57 atau 61 UHF sudah memancar, kemungkinan interferensi sangat besar karena kanalnya berdekatan yaitu 57 dan 58.

Urusan pembagian frekuensi memang tidak bisa main main, memang ini urusan negara. Negara yang mengatur daerah mana pakai frekuensi berapa.

Orang selalu meributkan frekuensi UHF untuk TV bahwa itu katanya frekuensi milik daerah. Tapi orang lupa bahwa seluler juga menguasai frekuensi bahkan secara nasional.

Iklan

3 Tanggapan

  1. Mas mo nanya nih NET. Magelang siarannya sampai ke jogja nggak?

    Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: