Pilih mana matrix broadband 3G Rp.110ribu/bulan atau TelkomselFlash Rp.125ribu/bulan


Saya sudah memakai matrix broadband 3G selama hampir 4 bulan, so far so good, kecuali memang disaat tertentu kadang lelet, itu saya maklumi, ibarat manusia enggak selamanya sehat kan, kadang flu, pilek dll. Terus kekurangan matrix broadband indosat yang paling fatal adalah, saat saya di kantor, saya sulit sekali connect, ini karena letak BTS indosat yang jauh sekali di Klaten. Entah apa pertimbangan indosat hingga saat ini tidak juga mendirikan BTS di komplek transmisi TV Jogja di Bukit Patuk GunungKidul, padahal Telkomsel, XL, Fren, dan Esia sudah sejak lama BTSnya berdiri disini.

Serasa di bawah BTS telkomsel, tuh yang gede, deket banget kan

Kiri BTS XL, Kanan BTS Telkomsel (difoto dari tower tvOne), deket banget kan.

Untuk matrix broadband bisa dibaca disini

apply indosat matrix broadband paket ekonomi

Sebenarnya kelemahan itu sudah saya sadari dari awal, tetapi kondisilah yang membuat saya dahulu tetap pilih matrix broadband ini, karena inilah yang termurah saat itu yang saya merasa pas untuk memakainya dan membayarnya, walaupun akan susah untuk menggunakannya saat saya di kantor.

Kemarin akhirnya saya iseng-iseng masuk ke website telkomsel, dan ada penawaran menarik sekali bagi saya, yaitu paket unlimited persis sekali dengan matrix broadband indosat saya, meskipun harganya selisih lebih mahal sedikit, tetapi masih dalam jangkauan saya, belum lagi mengingat BTS telkomsel di kantor saya sebelahan, kira-kira hanya berjarak 200meteran saja, sebelah barat tower tvOne.

Ini copasnya http://www.telkomsel.com/web/hot_offering

Hot Offering

·    Unlimited Package (without modem)
·    Unlimited Package (with modem)
·    Prepaid Volume Based package
·    Time Based Promo
1.    PAKET UNLIMITED (tanpa modem, tanpa Kontrak)

*Pengajuan aktivasi paket unlimited kini dapat kami layani hingga 31 Mei 09, hanya berlaku untuk  Kota  JABODETABEK, BANDUNG, CIREBON, SOLO, MALANG, YOGYAKARTA, PURWOKERTO , ,SEMARANG, SURABAYA, MEDAN, dan MAKASSAR

No

Package

Monthly Fee (Rp)

Speed

1

Basic

125000

up to 256 kbps

2

Advance

225000

up to 512 kbps

3

Pro

400000

up to 3.6 Mbps

Syarat dan Ketentuan
·    Berlaku untuk pelanggan pasca bayar (kartuHALO) KECUALI paket HALOHybrid
·    Kecepatan maksimal berlaku sampai batas pemakaian internet secara wajar sebesar 2GB. Setelah 2GB, kecepatan akses akan disesuaikan / diturunkan menjadi up to 64 kbps (untuk paket Basic dan Advance) dan up to 128 kbps (untuk paket Pro)
·    Pendaftaran dan aktivasi layanan dilakukan di graPARI TELKOMSEL
·    Menggunakan APN (Access Point Name): internet atau telkomsel (sharing)
·    Harga belum termasuk PPn
·    Paket data ini akan otomatis diperpanjang setiap bulan (setiap Billing Cycle) sebelum ada permintaan berhenti dari pelanggan.
·    Pelanggan dapat melakukan pergantian paket sekali dalam satu bulan melalui graPARI di awal periode Billing Cycle . Paket data yang terakhir dipilih adalah paket yang akan ditagihkan dan akan menjadi paket yang teridentifikasi untuk diperpanjang pada masa aktif berikutnya.
·    Unit terkecil adalah per kB (Untuk fair usage 2GB)
·    Tidak ada kontrak, pelanggan bisa berhenti berlangganan kapan saja melalui graPARI
·    Berlaku hanya untuk pemakaian domestik (tidak berlaku untuk International Roaming, hal ini akan ditagihkan secara terpisah menggunakan volume based)

Enaknya telkomselflash ini adalah menjadi satu kartu dengan kartu halo, sehingga saya tidak perlu membawa-bawa dua handphone lagi seperti sekarang, bahkan kadang saya membawa 3 handphone. Satu HP untuk matrix saya yang biasa, satu HP untuk matrix broadband 3G dan HP ini hanya sebagi modem ke laptop, satu HP lagi kadang saya bawa flexi untuk ngobrol murah dengan istri. Jika memang nanti saya bisa langganan telkomselflash maka saya cukup bawa satu SIMCARD kartu Halo saja, jika mau telepon istri yang pakai flexi tentunya dari kartu halo juga tidak terlalu mahal, lagi pula untuk menghabiskan jatah HALO free abonemen.
Saya sendiri heran kenapa indosat saat mengeluarkan paket broadband unlimited tidak satu paket saja dengan kartu matrix, sehingga saya tidak perlu punya nomor baru lagi. Karena matrix broadband ini nomornya sama dengan nomor M2 broom yaitu 0814xxxxxxxx.
Kesimpulannya saya akhirnya pilih telkomselflash walaupun lebih mahal sedikit, tetapi saya cukup punya satu kartu dengan dua fungsi utama yang saya perlukan, yaitu kartu halo untuk voice dan SMS biasa, sekaligus include internet unlimited. Juga saya mendapat kepastian sinyal kuat di kantor saya, karena letak BTS telkomsel yang hanya berjarak 200 meter dari kantor saya. Hal-hal itulah yang tidak saya dapatkan saat saya memakai matrix broadband 3G. Keuntungannya lagi bahwa saat saya di rumah, BTS Telkomsel terdekat dari rumah saya yang letaknya di Dekat Kantor Post Kemusuk Sedayu Bantul (kampung kelahiran mantan Presiden Soeharto), antena-nya sudah bermacam-macam, paling tidak setahu saya sudah 900MHZ dan 1800MHz, kalo 3G kayaknya belum.

BTS Telkomsel yang paling dekat dari rumahku

BTS Telkomsel yang paling dekat dari rumahku

Jarak dekatnya

Jarak dekatnya

BTS indosat paling dekat dari rumahku

BTS indosat paling dekat dari rumahku

Hampir lupa, sebenarnya saya sendiri belum begitu paham tentang biaya langganan per bulannya, misal untuk kartu halo bebas abonemen Rp. 25.000/bulan ditambah biaya langganan flash Rp. 125.000/bulan = Rp. 150.000/bulan (belum sama pajak 10%)
Jika ditambah pajak maka Rp. 150.000 + 15.000 = Rp. 165.000/bulan. (ini pembayaran minimal jika saya tidak kelebihan memakai untuk telepon dan SMS lebih dari 25ribu)
Sebenarnya hampir sama saja saat saya memakai matrix free abonemen rata-rata habis Rp. 45.000,- samapai Rp. 55.000,- ditambah matrix broadband 3G habis Rp. 110.000,- jadi total adalah Rp. 155.000,- sampai Rp. 165.000,- sama saja khan.

Update 01 April 2009

Jam 10 tadi saya ke grapari dan sudah mendapatkan kartu halo include  paket telkomselflash basic 125ribu saya, ternyata menurut mbak CS nya, kalau tidak kita pakai untuk telepon atau SMS, dan hanya untuk internetan saja, maka hanya bayar 125ribu+ppn 10% = Rp. 137.500,-

Kartu Halo ku diminta untuk mengaktifkan setelah jam 19:00 hari ini, dan tadi jam 21:27 tak aktifkan, tetapi belum nyantol juga ke network telkomsel, dan masih menurut panduan, kalo kejadiannya seperti ini, maka harus dimatikan, dan bisa dicoba lagi besok siang, paringono sabar. Kalau besok siang juga tidak bisa, yo uwis, harus ke grapari.

update 02 April 2009

Jam 12 siang juga belum mau hidup, jam 5 sore tak ulang lagi juga belum mau. walah.

Update 03 April 2009

Jam 11:11 ditelpon telkomsel memberitahukan bahwa telkomselflash saya sudah aktif, dengan APN : internet


Buka Control Panel

1. Phone n Modem Options

2. Pilih modem yang dipakai, Bluetooth modem atau usb modem

3. Properties

4. Klik Advanced

5. Isi Extra Command :

untuk :

telkomselflash harus seperti ini : at+cgdcont=1,”IP”,”internet

Jam 11:21 setelah utak utik setting modem di laptop akhirnya bisa connect juga denga telkomselflash. wus wus wus memang beda.

11 Tanggapan

  1. Mohon maaf maaf ya bung Hardiyanto,,,saya sudah mencoba membandingkan anatara Im2, telkomselflash, Explore…Tetapi setelah saya melakukan analisis dengan percobaan-percobaan kecil ( Dengan membandingkan rate Upload, Download, Dan Transportednya ; Indosat M2 tetap yang teratas… Mungkin karena Faktor BTS yg jauh, sangat memungkinkan juga Bung Har..

    Suka

    • Makasih mas, memang banyak parameternya, yang jelas kalau di rumah dan di kantor saya, memang lebih enak pake telkomselflash.

      Suka

    • smart mau speed lumayan pake modem yg sudah jaringan evdo rev A setara 3G,,,, atau gunakan hp yg sudah dapet sinyal evdo,,,,,

      evdo meman baru kota kota besar aja yg sudah dapet jaringan nya,,,, bila di luar itu sinyal akan berubah jadi 1X atau setara gprs,,,,

      aku pake smart modem axestel evdo rev A dengan speed upto 3.5mb,,, jarang dapet nya sih,,,pernah dapet cuma 2,3mb,,,, tapi lumayan masih bermain di angka 400kps-1mb…

      saat ini smart juga menggunakan quato cuma tidak perbulan,,,

      sekarang menggunakan perhari,,, (ingat perhari lo bukan perbulan)
      misal nya kita langganan yg 75rb dengan speed 512kbs,,,
      kita di jatah sampe 500mb bila pemakain lebih dari itu akan turun mejadi sekitaran 128kbs tapi cuma perhari lo,,,,
      mungkin karna karna sebelum tanpa batasan speed para pelanggan rakus download macam2 ( hehehehe gak tau download apa ya)

      tapi besok nya akan balik normal lagi dan balik quato lagi seperti di atas,,,,,

      pernah bawa kepuncak pas lumayan sinyal dapet 1X dengan speed 128kps,,,,

      jadi kalau mau sinyal bagus pake smart pastikan modem atau hp nya udah suport evdo rev A setara sinyal 3G nya gsm,,,,

      sekian sekilas info,,,,

      Suka

  2. mas di banjarmasin susah banget berlangganan telkomflash untuk personal kita harus daftar yg corporate min. 5 orang.

    Suka

  3. Mohon maaf tuk teman2 yang make telkomselflash . M2, and Indosat 3G, semuanya da ak coba ternyata ga ada yang ngalahin smart EVDO, walaupun smart masih jabodetabek tp masalah kecepatan download n upload smart lebih unggul, telkomselflash, M2 and indosat 3G berani ngasih speed 256 mbps and quota ampe 2g, kl da lebih 2g speed turun jd 64mbps n lemotnya minta ampun, sedangkan smart berani ngasih speed 1024 mbps cuma 75rb sebulan (Unlimited) itupun tanpa dibates quota ato 1 bulan penuh, Kl pingin cepet lg speed 3.1 cuman 120rb sebulan (unlimited)

    Suka

  4. Weleeh… Smart jaringannya gk lengkap bro… Lemot e minta ampuunnn…

    Suka

Silahkan memberi komentar