Benarkah RUTE KA JOGJA-BANTUL-PALBAPANG MAU DIFUNGSIKAN KEMBALI…???


Tidak sengaja barusan baca salah satu postingan teman FB tentang hal ini, yaitu akan dibuka kembali RUTE KA JOGJA-BANTUL-PALBAPANG.

Memori saya terlempar saat masa kecil saya dulu, saya sering diajak ibu ketempat bulik di dongkelan jalan bantul. Saya tidak ingat persis letaknya saat ini. Sepertinya di dekat pasar burung Dongkelan. Barat jalan.

Kemungkinan saat itu saya sudah SD, Jadi kisaran tahun 1980-1985 nan. Rumah bulik dekat dengan jalan Bantul. Cuma dibatasi oleh REL KA di sisi barat jalan Bantul.

Saya ingat betul bahwa dulu kereta apinya masih menjalani rute sampai ke Palbapang Bantul. Lokomotifnya khas loko lama bentuknya dengan cerobong asap yang besar dan saat jalan mengeluarkan asap nan hitam dan tebal. Mungkin bahan bakarnya adalah batu bara.

Jaman dahulu kereta api berjaya, lalu angkutan kendaraan umum mulai berjaya menggantikan kereta api, lantas motor dan mobil pribadi mulai menggantikan angkutan kendaraan umum.

Dan hasilnya seperti kita lihat saat ini. Ketika orang enggan berbagi, enggan bersama sama, pingin kemana mana pakai kendaraan sendiri, baik mobil atau motor, maka yang terjadi saat ini adalah bukannya cepat dan nyaman, tapi malah macet dan lama.

Lihatlah bagai mana kesehariannya jakarta saat ini. Atau jogja kala musim liburan atau lebaran. Jalanan full. Yang sering lancar malah orang yang naik sepeda onthel.

Kereta api punya kans lagi untuk memuncaki dan mengambil alih lagi moda transportasi masal. Karena kereta api punya jalan sendiri, bisa on time berangkat dan sampai tujuannya. Muat banyak penumpang dalam sekali angkut.

Bangsa ini harusnya bisa banyak berhemat bbm asal pada mau kembali ke kereta api.

Anda setuju?

5 Tanggapan

  1. kalo dilihat dari konsumsi bbm per jarak, kereta terlihat sangat boros. tapi jika ditelusuri konsumsi bbm per berat muatan, kereta api sangat efisien. apalagi dengan jalan khusus yang dimilikinya yang mempunyai kecepatan lebih tinggi dibanding kendaraan umum lainnya. sudah selayaknya kereta api menjadi sarana transportasi massal yang didukung penuh oleh pemerintah. 🙂

    Suka

  2. Menantikan realisasi jalur-jalur kereta.

    Suka

  3. moga2 makin banyak jalur lama dibangkitkan

    Suka

Silahkan memberi komentar