Silahkan kurs gaji anda dahulu dan sekarang dengan harga beras, karena beras adalah REAL MONEY.


Silahkan kurs atau hitung gaji anda dahulu dan sekarang dengan harga BERAS yang biasa anda konsumsi sehari hari, karena beras adalah REAL MONEY. Untuk sekedar membantu perhitungan, ini ada data harga beras dari tahun 2000 sampai tahun 2013. Tentunya tiap daerah tidak persis sama, tetapi kenaikan harga beras per daerah per tahun, saya kira hampir sama.
Tahun Harga Rp/Kg
2013 = Rp. 8,000.00

2010 = Rp. 7,601.00
2009 = Rp.6,540.00
2008 = Rp 5,950.00
2007 = Rp 5,174.00
2006 = Rp 4,290.00
2005 = Rp 3,633.00
2004 = Rp 3,232.00
2003 = Rp 3,062.00
2002 = Rp 2,908.00
2001 = Rp 2,763.00
2000 = Rp 2,624.00

Contoh misal gaji tahun 2000 adalah Rp. 2.624.000,- maka jika dibagi harga beras tahun 2000 yang Rp. 2.624/kg maka UPAH (GAJI) anda sebulan sama dengan 1.000 KG beras.

Lantas mari hitung misal gaji anda tahun 2013 adalah Rp. 8juta, lalu dibagi harga beras di tahun 2013 yang kurang lebih adalah Rp. 8.000/KG, sehingga GAJI (upah) anda sebulan di tahun 2013 ini adalah setara 1.000 KG beras juga.

Kalau dilihat secara angka rupiah, gajinya lipat 3 kali, tetapi ternyata hanya sama saja tidak ada peningkatan. Karena saat untuk beli beras ya sama-sama hanya dapat 1.000 KG.

Beras adalah UANG SUNGGUHAN, artinya sebuah komoditas yang bisa berfungsi sebagai alat tukar, atau sebagai uang. Monggo simak

Hadits Ubadah bin Shaamit radhiyallahu ‘anhu disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda:

الذَّهَبُ بِالذَّهَبِ وَالْفِضَّةُ بِالْفِضَّةِ وَالْبُرُّ بِالْبُرِّ وَالشَّعِيرُ بِالشَّعِيرِ وَالتَّمْرُ بِالتَّمْرِ وَالْمِلْحُ بِالْمِلْحِ مِثْلًا

بِمِثْلٍ سَوَاءً بِسَوَاءٍ يَدًا بِيَدٍ فَإِذَا اخْتَلَفَتْ هَذِهِ الْأَصْنَافُ فَبِيعُوا كَيْفَ شِئْتُمْ إِذَا كَانَ يَدًا بِيَدٍ

“Emas ditukar dengan emas, perak ditukar dengan perak, gandum merah dengan gandum merah, gandum dengan gandum, kurma dengan kurma dan garam dengan garam harus sama beratnya dan harus diserahterimakan secara langsung. Kalau berlainan jenis, silakan kalian jual sesuka kalian, namun harus secara kontan juga.”.[9]

 

Bagi kaum pekerja yang gajian sebulan sekali, sungguh ini sebenarnya kurang adil, karena kelihatannya saja jumlah gajinya secara angka berlipat, tetapi secara NILAI, ternyata sama, bahkan bisa jadi berkurang. Kalau saya lihat TUKANG BANGUNAN di sekitar lingkungan saya sih upahnya tetap, yaitu kisaran 7-8 kilogram beras per hari.

Ketika uang diperdagangkan, maka disitulah letak RIBA dan kecurangannya, memang anda mau sekilo beras ROJO LELE yang kalau diliwet nasinya enak wangi dan pulen, ditukar dengan sekilo beras KUPON yang penguk dan gak enak? inilah hakekat dari RIBA dan akal akalan uang kertas yang tidak rendemable dengan emas atau perak atau komoditas makanan pokok seperti kurma, jagung, beras.

 

Iklan

16 Tanggapan

  1. cerdas! kalo semua pake ekonomi syariah, belum tentu bangsa barat bisa berkuasa. gak perlu bingung sanering, gak perlu bingung redenominasi.

    Suka

  2. Setuju Om,, terima kasih udah mencerahkan pembaca.. keep posting..

    Suka

  3. alhamdulillah ada tulisan yg mencerahkan, dua hal yang memungkinkan barat seenaknya menjajah adalah digantinya standar emas dgn DOLLAR dan BUNGA bank, enak bener tinggal cetak duit bisa dapat tambang, barang dll dr negara yg bukan pemenang perang dunia 2

    Suka

    • dulu sampai tahun 1920, jika kita punya uang 25 USD, maka bisa ditukar di bank manapun di amerika dengan emas 1 ounz US (setara 28,35 grams).

      Suka

  4. Negara yang tidak berdasarkan ekonomi islam akan hancur. Hal ini disadari betul sama vatikan… Vatikan lho…

    Suka

  5. untung setengah gaji langsung di beliin emas

    Suka

  6. RIBA bikin paceklik!

    Suka

  7. ntar beli vixion ngankut 3 ton beras ke dealer ya om…

    Suka

  8. cadas.. ijin share…

    Suka

  9. Kl di Saudi katanya nggak pernah ada inflasi, dr dulu harga ya segitu terus. Harga2 ada dlm kontrol pemerintah. Coba yg ini diulas bro…

    Suka

    • pengalaman haji 2011, di saudi tu enak bgt, kerja ringan tp bayaran gede n harga2 jg gakmahal bgt, kr2 2x lipat dr RI, tp kerja dikit aja dapet ratusan riyal, contoh, dorong kursi roda jamaah haji buat thowaf n sa’i dpt komisi 300 riyal, pdhal cuman skitr 1 jam lho, makan kenyang cukup 10 riyal aja… ini kerja fisik, belum lg kalo kerja menagerial yg byaranya jauh lbih gede
      mmg harga2 di saudi relatif stabil, katanya roti tamis yg hrganya 1 SR, ya sgitu harganya dr dulu…

      Suka

  10. inget bapak dulu 1993, beli yamaha alfa buat kakak sy seharga beras 4,5 ton kang, harga beras +\- Rp.750,- harga alfa 3,4jt . tp untngnya penen tembakau shrga 35rb/kg , so cm jual 100kg aja dah cukup.
    kalo sekarang 4,5 ton beras =36jt kang, ngeri juga ya….

    Suka

  11. mmg beras gak pernah turun dr tahun ke tahun, mmg ada fluktuasi tp cenderung naik kok, tp emas sekarg lagi jatuh sampe 20% lebih, tahun kmrnbeli emas antam sharga 520rb/gr, skrg cuman skitar 410rb/gr lho, investasi yg makin menguntungkan tu sewa lahan n tanam kayu, gampangnya sengon lah, untungnya 2 macem, (1) makin lama harga kayu makin mahal, gak ada kayu kok turun harga, trus (2) pohonya makin gede, jelas makin menguntungkan…

    Suka

    • Banyak teman yg mau bikin usaha kecil jadi ngeper duluan bro…modalnya paling ngga 3x lipat…contohnya ada yg mau jualan mie ayam, sementara harga cabe gila2an, pdhal mie ayam sambelnya hrs kuat. Bingung menentukan harga jual perporsinya brp. Dijual segini ngga untung, dijual segitu daya beli masyarakat ngga mndukung.

      Suka

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: